Wednesday, 16 Syawwal 1440 / 19 June 2019

Wednesday, 16 Syawwal 1440 / 19 June 2019

Penggembala Ini Temukan Fosil Landak Laut Usia 85 Juta Tahun

Ahad 26 May 2019 01:12 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Endro Yuwanto

Fosil landak laut (ilustrasi)

Fosil landak laut (ilustrasi)

Foto: Pixabay
Fosil tersebut berasal dari periode Cretaceous atau periode kapur.

REPUBLIKA.CO.ID, ADIYAMAN -- Seorang penggembala, Turan Cingoz, menemukan fosil landak laut berusia puluhan juta tahun di Provinsi Adiyaman, Turki. Ia secara tak sengaja menemukan fosil yang diperkirakan berasal dari 85 juta tahun lalu.

Saat itu, Cingoz tengah mencari rumput di Desa Gorgenli, Distrik Gerger Adiyaman. Ia lantas menemukan tiga buah benda mirip batu seukuran telur.

“Pria berusia 38 tahun itu menemukan bentuk batu yang agak menarik dan memutuskan untuk mengambil foto dan diunggah ke akun media sosialnya,” seperti dilansir Daily Sabah pada Sabtu (25/5).

Foto yang diunggah Cingoz itu pun menarik perhatian seorang pejabat museum. Pada akhirnya, Cingoz pun terkejut bahwa sebenarnya bebatuan itu adalah fosil landak laut yang hidup 85 juta tahun lalu.

Pejabat dari Direktorat Museum Adiyaman langsung menghubungi Cingoz untuk mengetahui lokasi penemuan fosil tersebut. Petugas museum pun langsung memeriksa area penemuan fosil.

Ketua Direktorat Jenderal Mehmet Alkan menyebut fosil tersebut berasal dari periode Cretaceous atau periode kapur. “Pemeriksaan dan penggalian saat ini sedang berlangsung pada fosil yang kami pikir berasal dari periode Cretaceous,” kata Alkan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA