Rabu, 16 Syawwal 1440 / 19 Juni 2019

Rabu, 16 Syawwal 1440 / 19 Juni 2019

Kawasan Pegunungan Timau NTT Jadi Lokasi Wisata Iptek

Jumat 17 Mei 2019 14:30 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Memamtau hilal di observatorium (ilustrasi).

Memamtau hilal di observatorium (ilustrasi).

Foto: Abdan Syakura
Akan dibangun observatorium di Pegunungan Timau.

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Kawasan pegunungan Timau di Kecamatan Amfoang Tengah ditetapkan sebagai pusat pembangunan Observatorium Nasional terbesar di Asia Tenggara. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Pieter CH Sabaneno mengatakan lokasi ini akan dijadikan sebagai kawasan destinasi wisata ilmu pengetahuan dan teknologi.

Baca Juga

"Setelah fasilitas Observatorium Nasional itu nantinya juga menjadi kawasan wisata ilmu pengetahuan dan teknologi. Kami menetapkan kawasan Timau menjadi salah satu destinasi wisata unggulan daerah," katanya, Jumat (17/5).

Ia menambahkan, kehadiran fasilitas Observatorium Nasional milik Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) itu akan ikut mendorong pembangunan pariwisata di Kabupaten Kupang. Pieter mengatakan fasilitas Observatorium Timau memiliki keunggulan untuk kepentingan penelitian terkait keantariksaan.

"Kami yakin banyak wisatawan dari berbagai penjuru dunia yang datang ke Timau untuk kegiatan penelitian. Pemerintah Kabupaten Kupang akan membangun beberapa fasilitas diluar kawasan Timau untuk kepentingan wisata," kata dia.

Dia mengatakan, tingginya arus kunjungan wisatawan ke kawasan pegunungan Timau tentu akan mendongkrak pembangunan ekonomi masyarakat di kawasan pegunungan Timau. Pembangunan ruas jalan Bokong-Lelogama yang dilakukan pemerintah NTT akan mendorong percepatan pembangunan sektor pariwisata dan ekonomi masyarakat Kabupaten Kupang semakin mengeliat.

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA