Rabu, 17 Ramadhan 1440 / 22 Mei 2019

Rabu, 17 Ramadhan 1440 / 22 Mei 2019

Penyelam AS Temukan Plastik di Dasar Laut Terdalam Dunia

Selasa 14 Mei 2019 13:19 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Christiyaningsih

Komunitas Diver peduli laut tengah mengambil berkantong-kantong sampah di dasar laut. foto dok KKP

Komunitas Diver peduli laut tengah mengambil berkantong-kantong sampah di dasar laut. foto dok KKP

Foto: dok. KKP
Penyelam AS melihat kantong plastik dan pembungkus permen di dasar lautan

REPUBLIKA.CO.ID, MARIANA -- Seorang penjelajah Amerika Serikat (AS) yang membuat rekor baru untuk penyelaman laut berawak terdalam mengatakan dia melihat kantong plastik dan pembungkus permen di dasar lautan. Victor Vescovo melakukan perjalanan sedalam 10.927 meter ke dasar Challenger Deep, ujung selatan Palung Mariana Samudera Pasifik.

Baca Juga

Penyelaman itu sebagai bagian dari misi untuk memetakan tempat-tempat bawah laut terdalam di dunia. Dengan membuat beberapa perjalanan hampir 11 kilometer ke dasar lautan, Vescovo mencetak rekor untuk penyelaman solo terdalam dalam sejarah. Rekor sebelumnya dipegang oleh sutradara Titanic James Cameron pada 2012.

Selain empat spesies baru yang dapat memberikan petunjuk tentang asal usul kehidupan di bumi, Vescovo menemukan kantong plastik dan pembungkus permen pada titik terdalam di planet ini. Rincian perjalanan yang dibuat 1 Mei dirilis untuk pertama kalinya pada Senin (11/5) kemarin.

Vescovo adalah seorang pemodal berusia 53 tahun dengan latar belakang angkatan laut. Dia mengatakan perjalanannya ke kedalaman adalah tentang menguji batas-batas upaya manusia sebanyak penemuan ilmiah.

"Melakukan hal ekstrem, saya percaya adalah kecenderungan alami manusia. Saya pikir itu adalah bagian indah dari sifat manusia yang membuat kita ingin mendorong diri kita hingga batas, yang telah membantu mendorong kita sebagai spesies ke posisi kita sekarang," kata Vescovo dilansir CNN, Selasa (14/5).

Para ilmuwan tim berencana untuk menguji empat spesies baru yang ditemukan untuk melihat apakah mereka telah mengkonsumsi plastik. Ekspedisi Vescovo adalah bagian dari seri Discovery Channel tentang eksplorasi laut dalam. Para penjelajah berusaha menyelesaikan pemetaan sonar di lima tempat terdalam di lautan dunia, menurut CNN. Setiap tahun, delapan juta ton plastik berakhir di lautan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA