Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Tombol ATM Ternyata Lebih Kotor daripada Dudukan Kloset

Kamis 25 Apr 2019 02:15 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda

Mesin ATM. Tombol ATM ternyata tak lebih bersih dari dudukan kloset di toilet umum.

Mesin ATM. Tombol ATM ternyata tak lebih bersih dari dudukan kloset di toilet umum.

Foto: AP/Peter Dejong
Tombol mesin ATM rupanya sama kotor, bahkan lebih kotor daripada dudukan kloset.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak mengetahui layar ponsel lebih kotor dari pada dudukan kloset, banyak orang tergerak untuk membersihkannya dengan tisu desinfektan. Studi terbaru mengungkapkan, ada benda lain yang dekat dengan keseharian masyarakat yang ternyata juga sama kotornya atau bahkan lebih kotor daripada dudukan kloset.

Seperti dilansir laman Times of India, Rabu (24/4), studi tersebut menunjukkan bahwa tombol mesin ATM termasuk benda yang sangat kotor. Tes berlanjut untuk menguraikan bahwa ATM tidak saja sarat dengan kuman, tapi bakteri yang ada di sana benar-benar dapat membuat Anda sangat sakit.

Untuk melakukan studi tersebut, peneliti Inggris mengambil sampel dengan mengusap keypad ATM dan dudukan kloset di toilet umum untuk membandingkan keduanya. Hasilnya mengejutkan.

Para ilmuwan menemukan bahwa sekaan dari kedua tempat tersebut mengandung bakteri yang berpotensi menyebabkan kembung dan diare pada manusia. Mengutip peneliti Richard Hastings, ahli mikrobiologi untuk perusahaan produk antibakteri BioCote, “Kami terkejut dengan hasil ini karena mesin ATM terbukti sangat terkontaminasi oleh bakteri di tingkat yang sama dengan WC umum terdekat. ”

Lebih lanjut, Hastings mengungkapkan telepon umum juga dapat menjadi sarang kuman dan kotoran. Apalagi, orang yang memakainya berbeda setiap hari dan mereka memegang handset yang sudah dipakai orang lain ke dekat dengan hidung dan mulut.

Ketika orang menyangka ATM jauh lebih bersih daripada dudukan toilet, faktanya tidak demikian menurut penelitian BioCote. Temuan dari perusahaan produsen tisu desinfektan itu mungkin bukan terobosan tapi harus cukup memperingatkan untuk sedikit lebih berhati-hati tentang di mana kita meletakkan tangan kita di tempat umum.

Lain kali Anda masuk ke ruang ATM untuk transaksi, coba gunakan buku-buku jari Anda untuk menekan tombol ATM. Alternatif lainnya, seka jemari dengan tisu desinfektan setelah selesai menggunakan anjungan tunai mandiri.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA