Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019

Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019

Sadar dari Koma, Remaja dengan Dua Rahim Ini Sudah Jadi Ibu

Selasa 05 Mar 2019 14:47 WIB

Rep: MGROL116/ Red: Ani Nursalikah

Ilustrasi Kaki Bayi

Ilustrasi Kaki Bayi

Foto: Pexels
Stevenson tidak menyadari dirinya hamil.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Seorang mahasiswi terbangun dari koma selama empat hari. Ia kemudian menyadari dirinya hamil dan sekarang menjadi seorang ibu.

Ebony Stevenson (18 tahun) dari Oldham, Greater Manchester dilarikan ke rumah sakit pada 2 Desember setelah dia mengalami sejumlah kejang dan harus dirawat dalam kondisi koma. Meskipun tidak memiliki benjolan yang terlihat atau melewatkan menstruasi, dokter mengatakan Stevenson hamil.

Kejangnya disebabkan oleh pre-eklampsia atau komplikasi kehamilan yang biasanya terjadi pada pemeriksaan antenatal dan membutuhkan operasi sesar darurat. Putrinya, Elodie lahir pada Senin 3 Desember.

Stevenson hanya bertemu dengannya tiga hari kemudian ketika ia sadar dari koma. "Bangun dari koma untuk diberi tahu saya hamil dan melahirkan seorang bayi perempuan adalah sesuatu yang luar biasa," katanya.

Baginya, bertemu bayi yang merupakan anaknya begitu nyata dan merasa seperti pengalaman di luar tubuh. Pelajar fisioterapi olahraga itu memiliki kondisi langka yang mempengaruhi sekitar satu dari 3.000 wanita yang disebut uterusdidelphys yang berarti dia dilahirkan dengan dua uterus.

Hal ini diduga menjelaskan mengapa kehamilannya tersembunyi dan ia dapat terus mengalami menstruasi meskipun janin berkembang di rahimnya yang lain. Ini juga membuat kelahiran Elodie sangat tidak mungkin karena hanya satu rahim yang terhubung ke ovarium oleh saluran tuba yang secara teori akan menurunkan peluang untuk hamil.

"Saya khawatir saya tidak akan terikat dengan putri saya karena saya tidak punya waktu untuk memikirkan kedatangannya, tetapi saya pikir dia luar biasa," kata Stevenson.

Meski begitu, tetap saja Stevenson mengaku sangat bingung dan yakin para dokter dan perawat melakukan kesalahan sambil dirinya mengingat saat-saat pertama setelah dia sadar kembali. “Tapi ibuku menjelaskan semuanya kepadaku sementara para perawat ada di sana dan mereka mengembalikan gadis kecilku untuk memegang dengan benar untuk pertama kalinya," ujarnya.

Elodie lahir dengan berat 3,5 Kg. Dari beratnya dokter percaya dia berada di rahim dan bisa dilahirkan tanpa disadari ibunya. Hal itu mungkin karena salah satu rahim Stevenson lebih dekat ke punggungnya.

"Para dokter mengatakan Elodie adalah bayi ajaib, karena wanita dengan kondisinya sering berjuang untuk hamil atau melahirkan," kata ibu Ebony Stevenson.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA