Selasa, 20 Zulqaidah 1440 / 23 Juli 2019

Selasa, 20 Zulqaidah 1440 / 23 Juli 2019

Pengumuman! NASA Buka Lowongan Direktur Lulusan Sarjana

Kamis 29 Mar 2018 10:19 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri

NASA

NASA

Foto: AP
Sosok yang dicari NASA tidak memerlukan PhD dalam astrofisika,

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Menjadi astronot mungkin menjadi pekerjaan paling diinginkan anak-anak. Tetapi mungkin ada sesuatu yang sedikit lebih menarik, yaitu memastikan astronot mampu melakukan pekerjaan mereka.

Oleh karena itu, NASA sedang mencari direktur penerbangan, staf yang menjalankan tim insinyur dan ilmuwan demi memastikan misi ruang angkasa sesuai perencanaan yang telah diumumkan. Sosok yang dicari NASA tidak memerlukan PhD dalam astrofisika, atau untuk memahami misteri mendalam dari alam semesta yang dapat dipahami oleh badan antariksa.

Tetapi mungkin membutuhkan salah satu kepala staf paling keren di luar angkasa. Sebab, pekerjaan tersebut melibatkan tanggung jawab tidak hanya untuk misi ruang angkasa, tetapi para astronot yang hidupnya bergantung pada mereka apakah rencana berjalan dengan baik.

"Direktur penerbangan memainkan peran penting dalam keberhasilan misi ruang angkasa manusia bangsa kita," kata Direktur Operasi Penerbangan di Johnson, Brian Kelly, dikutip dari Independent, Kamis (29/3).

Menurutnya, pekerjaan itu sulit, tanggung jawabnya sangat besar, dan tantangannya bisa terasa tak dapat diatasi. Tetapi pengalaman dan penghargaan pribadi akan luar biasa.

Para kandidat yang dipilih akan mengawasi misi termasuk ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, dan akhirnya mengirim pesawat ruang angkasa ke Bulan dan ke Mars. Mereka akan melakukannya dengan berada di atas tim yang terdiri dari para ahli di bidang kontrol penerbangan, penelitian, dan teknik.

Mereka harus membuat keputusan untuk menjaga astronot NASA aman di luar angkasa. Memastikan bahwa mereka naik dan kembali turun tanpa masalah, dan aman selama menjalankan misi.

Sementara itu, pelamar tidak akan memerlukan pelatihan astrofisika, NASA meminta pelamar untuk memiliki setidaknya gelar sarjana dalam bidang ilmiah seperti teknik, ilmu biologi atau ilmu komputer. Mereka juga akan membutuhkan pengalaman profesional, terutama dalam pengambilan keputusan penting waktu dalam lingkungan berisiko tinggi dan berisiko tinggi.

Mereka juga harus merupakan warga negara AS. Banyak direktur penerbangan NASA datang dari tim pengendali penerbangannya, tetapi itu tidak perlu. Siapa pun yang berpikir bahwa mereka memenuhi kriteria tersebut, dapat mendaftar di situs web NASA. Ini akan mengumumkan pilihannya pada pertengahan 2018, ketika pelamar yang berhasil akan menuju ke pelatihan intensif.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA