Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019

Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019

Objek Misterius Melintasi Orbit Tata Surya

Senin 30 Okt 2017 07:32 WIB

Rep: Singgih Wiryono/ Red: Joko Sadewo

Asteroid. Ilustrasi

Asteroid. Ilustrasi

Foto: Dailymail

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Objek misterius yang diduga sebuah asteroid melintas dengan cepat melewati orbit tata surya. Seperti dilansir Reuters.com, Badan Antariksa Amerika Serikat mengatakan, objek misterius untuk pertama kalinya bisa terekam dan dekat dengan lintasan orbit planet bumi.

Objek misterius tersebut dinamai sebagai objek A/2017 U1, objek tersebut ditemukan pada awal bulan Oktober 2017 oleh seorang astronom dari University of Hawai dengan teleskop berteknologi tinggi.

"Kami telah menuggu fenomena hari ini selama puluhan tahun," ujar Manajer Pusat Aerospace Administrasi, Paul Chodas yang dikutip dari Reuters, Ahad (29/10).

Chodas menjelaskan, prediksi perlintasan benda asing ke dalam tata surya sudah sering diramalkan oleh ilmuwan astronomi. Namun, yang menjadikan A/2017 U1 spesial adalah, fenomena kedatanganya yang kebetulan terdeteksi dan terekam oleh manusia.

Chodas mengatakan, para Astronom berharap objek misterius tersebut tetap bisa terlacak oleh teleskop sehingga bisa memperkirakan jenis material dan bintang tempat benda asing tersebut berasal.

 
 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA