Tuesday, 19 Rajab 1440 / 26 March 2019

Tuesday, 19 Rajab 1440 / 26 March 2019

Tiga Astronaut Kembali Setelah Enam Bulan di Luar Angkasa

Kamis 20 Dec 2018 14:52 WIB

Rep: marniati/ Red: Dwi Murdaningsih

Hotel di luar angkasa. ilustrasi

Hotel di luar angkasa. ilustrasi

Foto: Space
Awak radio mengatakan kondisi astronaut tersebut baik-baik saja.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Tiga astronaut kembali ke Bumi pada Kamis (20/12) setelah  berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) selama lebih dari enam bulan. Mereka pulang ke bumi dengan menaiki  kapsul Soyuz.

Ketiga astronaut tersebut yaitu  Serena Aunon-Chancellor dari NASA, Sergey Prokopyev dari Rusia dan astronot Jerman Alexander Gerst dari European Space Agency (ESA).

Mereka mendarat di padang rumput yang tertutup salju di Kazakhstan, sekitar 140 kilometer tenggara kota Dzhezkazgan. Para astronaut itu mendarat satu menit lebih cepat dari jadwal pada pukul 11:02 pagi waktu setempat.

Ilmuwan Visualisasikan Kegiatan Matahari 400 Tahun Terakhir

Awak radio mengatakan kondisi astronaut tersebut baik-baik saja. Tim penyelamat Rusia dengan helikopter dan kendaraan  segera menuju tempat pendaratan untuk mengeluarkan para astronaut dari kapsul yang hangus  karena perjalanannya yang melewati atmosfir. 

Ketiga astronaut itu  menghabiskan 197 hari di luar angkasa. Ini adalah misi pertama untuk Aunon-Chancellor dan Prokopyev. Sementara untuk Gerst ini adalah misi kedua untuk total 362 hari di orbit.

Para kru penyelamat  melakukan pemeriksaan medis awal kepada ketiga astronaut itu. Mereka akan dibawa ke Dzhezkazgan untuk menghadiri upacara penyambutan singkat sebelum diterbangkan ke negara masing-masing untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Astronot NASA, Anne McClain, Oleg Kononenko dari Rusia dan David Saint-Jacques dari Canadian Space Agency, yang telah tiba di stasiun itu awal bulan ini, akan tetap berada di orbit hingga Juni.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA