Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Formula Matematika Ini Ungkap Rahasia Kentang Panggang Enak

Senin 31 Dec 2018 11:05 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Ani Nursalikah

Ilustrasi

Ilustrasi

Foto: Times Live
Kunci menghasilkan kentang panggang enak terletak pada potongan kentang.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Butuh hitungan matematika untuk memasak kentang panggang yang enak. Inilah yang ditunjukkan oleh sekelompok murid asal Inggris. Mereka menciptakan formula matematika yang diyakini bisa menghasilkan kentang panggang yang sempurna.

Murid-murid dari The Edge Hotel School di University of Essex berkolaborasi dengan The Samuel Whitbread School di Bedfordshire merancang formula tersebut. Formula yang tercipta kemudian dinamai Edge Hotel School Method.

Menghitung pengukuran yang pas demi menghasilkan kentang panggang yang lezat memang membutuhkan waktu yang lama. Akan tetapi formula yang tercipta benar-benar berhasil dan sebanding dengan jerih payah yang dilakukan.

Dikutip dari Independent, kunci menghasilkan kentang panggang enak terletak pada luas permukaan potongan kentang. Sudut potong 30 derajat disebut sebagai teknik potong yang paling tepat.

Baca Juga

"Kami mencoba membuat formula yang membagi kentang sehingga punya tiga jenis panjang jari-jari dan melipatkannya bersama. Dengan begitu anda bisa mencari tahu luas permukaan," kata murid Samuel Whitbread School kepada ITV News.

Dengan meningkatkan luas permukaan kentang potong sebanyak 65 persen, hal itu membuat kentang lebih renyah dan lebih lezat. Bagaimana cara memotong kentang yang dianjurkan para murid ini? Alih-alih memotong kentang menjadi empat bagian, mereka memilih memotong kentang secara memanjang dan memotongnya lagi menjadi setengah dalam sudut 30 derajat.

Murid-murid di The Edge Hotel School kemudian menggunakan resep Heston Blumenthal untuk memanggang kentang dalam oven. Trik ini tak hanya mereka coba sendiri.

Mereka mempersilakan masyarakat umum dan koki profesional ikut memanggang kentang dan menuai hasil positif. Selain itu sejumlah koki di Inggris bahkan sudah mencoba mencari cara menandingi metode ini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA