Selasa, 15 Syawwal 1440 / 18 Juni 2019

Selasa, 15 Syawwal 1440 / 18 Juni 2019

Wah, Kertas Bisa Digunakan untuk Menyimpan Listrik

Senin 07 Des 2015 09:49 WIB

Rep: MgROL55/ Red: Dwi Murdaningsih

kapasitor dari kertas

kapasitor dari kertas

Foto: Laboratorium Linköping University of Organic Electronics

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM -- Muatan listrik kini tidak hanya ditemukan dalam bentuk logam seperti baterai. Ilmuwan kini mengembangkan inovasi listrik baru yang ramah lingkungan, yakni menyimpan listrik di dalam kertas. Kok bisa?

Para ilmuwan di Swedia telah membuat kertas yang bermutan listrik. Dilansir dari laman Sciencealert, ilmuwan  membuat satu lembar bahan berukuran 15 cm dengan ketebalan kurang dari 0,5 cm. Mereka dapat menyimpan listrik dengan kapasitas 1 Farad. Kapasitas ini sama seperti superkapasitor yang digunakan dalam perangkat listrik. Bagaimana membuatnya?

Bahan yang diperlukan seperti kertas hitam dengan bahan yang licin seperti palstik, film tipis yang berfungsi sebagai kapasitor yang berfungsi sebagai magnetik pengisian daya, dan nanocellulose serta polimer konduktif yang digunakan sebagai penyimpanan daya.

Pengisian daya dapat dilakukan beberapa menit saja. Kertas berisi muatan listrik ini juga dapat dilipat-lipat seperti kertas origami, jadi dapat dibuat dalam bentuk apapun sesuai selera. Peneliti dari Laboratorium Linköping University of Organic Electronics Xavier Crispin mengatakan mereka menghasilkan bahan kapasitor dalam bentuk 3D. Mereka dapat memproduksi lembaran-lembaran yang lebih tebal.

Tim ini menciptakan lembaran dengan memecah serat selulosa menggunakan air bertekanan tinggi. Serat ini berdiameter 20 nanometer dan ditambahkan ke dalam larutan air yang mengandung polimer bermuatan listrik. Polimer kemudian membentuk lapisan tipis di atas serat.

"Serat itu akan berada di bagian dalam, di mana cairan di ruang antara mereka berfungsi sebagai elektrolit," kata salah satu tim, Jesper Edberg.

Menurut para peneliti, kertas ringan, tidak memerlukan bahan kimia berbahaya atau logam berat, dan tahan air. Salah satu tantangan dari penelitian ini adalah mengembangkan suatu proses industri untuk memperoduksi kertas kapasitor dalam skala besar. Seperti kertas bubur biasa, materi harus dikeringkan untuk membuat lembaran tersebut. Jika tim bisa memecahkan teka-teki ini, mungkin dengan bantuan mitra komersial, kertas listrik bisa menjadi superkapasitor di masa depan.

berita sains lainnya:

Ranting pohon sengon bisa simpan listrik

Jejak langkah di stasiun bisa jadi sumber listrik, lho..

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA