Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Bill Gates Ungkap Kesalahan Besar dalam Kariernya

Selasa 25 Jun 2019 11:26 WIB

Rep: Noer Qomariah K/ Red: Indira Rezkisari

Bill Gates

Bill Gates

Foto: EPA
Kesalahan Bill Gates disebutnya terkait dengan Android.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK — Bill Gates mungkin adalah salah satu pengusaha teknologi paling sukses sepanjang masa. Namun, bukan berarti ia tidak membuat beberapa kesalahan karier.

Menurut pendiri Microsoft, yang berbicara di sebuah acara yang diselenggarakan oleh Village Global, ada satu kesalahan yang masih ia sesali. Yakni, memberi Google kesempatan untuk meluncurkan Android.

“Kesalahan terbesar yang pernah terjadi adalah kesalahan manajemen apapun yang saya lakukan. Ini menyebabkan Microsoft tidak seperti Android,” ujar Gates, seperti dilansir dari Independent.

Ia menilai Android adalah platform telepon standar atau platform ponsel non-Apple. Karena hal ini, wajar bagi Microsoft jika merasa menang.

Tetapi ternyata ada ruang yang tepat untuk satu sistem operasi non-Apple. Nilainya sekitar 400 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp 5,6 triliun.

Gates kemudian mengatakan Microsoft masih sangat kuat. Tetapi jika bukan karena kesalahannya, Microsoft pasti akan menjadi perusahaan terkemuka, bukan sebuah perusahaan terkemuka.

Sebelumnya, pria berusia 63 tahun itu membahas pengorbanan yang ia lakukan terkait keseimbangan antara pekerjaan dan hidupnya. Gates termasuk orang yang tidak percaya bisa bersantai di akhir pekan atau liburan.

Gates sedikit mengendurkan pola pikirnya saat mencapai usia 30 tahun

“Karena pada saat itu, beberapa perilaku alami muncul dan saya menyukai akhir pekan,” katanya.

Google mengakuisisi Android pada 2005  dengan harga setidaknya 50 juta dolar AS atau Rp 708,4 miliar. Menurut Forbes, Gates adalah orang terkaya kedua di dunia dengan kekayaan bersih sebesar 102,9 miliar dolar AS.




BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA