Wednesday, 16 Syawwal 1440 / 19 June 2019

Wednesday, 16 Syawwal 1440 / 19 June 2019

XL Naikkan Kapasitas Jaringan di Jalur Mudik Dua Kali Lipat

Kamis 16 May 2019 23:16 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Dwi Murdaningsih

Seorang teknisi XL Axiata sedang melakukan pemeliharaan perangkat BTS (Base Transceiver Station) di sebuah tower yang berada di bilangan Bendungan Hilir, Jakarta Selatan, Jumat (13/7).

Seorang teknisi XL Axiata sedang melakukan pemeliharaan perangkat BTS (Base Transceiver Station) di sebuah tower yang berada di bilangan Bendungan Hilir, Jakarta Selatan, Jumat (13/7).

Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Penggunaan data diperkirakan naik 30 persen saat lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT XL Axiata mulai mempersiapkan kesiapan jaringan jelang libur Lebaran 2019. Untuk area-area di Central Region, kapasitas jaringan di sepanjang area jalur mudik rata-rata telah ditingkatkan menjadi dua kali lipat untuk antisipasi kenaikan trafik data.

Menurut Group Head Central Region XL Axiata, Rd Sofia Purbayanti, XL memperkirakan, trafik data bakal naik hingga 30 persen pada Lebaran tahun ini. Sofia mengatakan, menyambut masa libur panjang Lebaran tahun ini, XL Axiata telah secara serius melakukan persiapan baik dari sisi jaringan maupun produk layanan.

Baca Juga

“Trafik diperkirakan akan naik sekitar 30 persen dari trafik hari normal. Kenaikan trafik antara lain juga dipengaruhi adanya pergerakan pelanggan yang masuk dari wilayah lain di luar Central Region, terutama dari DKI Jakarta,” ujar Sofia, Kamis (16/5).

Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, kata dia, kenaikan trafik data tertinggi untuk wilayah Jawa Barat diperkirakan akan terjadi di Kabupaten  Cirebon dan Kabupaten Bandung. Sementara itu di Jawa Tengah akan ada di Kabupaten Brebes, DI Yogyakarta ada di Gunung Kidul, Kalimantan Tengah di Kotawaringin Timur, dan Kalimantan Selatan di Banjarmasin.  

Sementara untuk jaringan, kata dia, selain meningkatkan kapasitas secara umum sesuai kebutuhan, XL Axiata juga telah menyiapkan dukungan Mobile BTS (MBTS) di sejumlah wilayah Central Region. Di Jawa Barat, Jawa Tengah hingga DI Yogyakarta MBTS sudah disiapkan di sepanjang jalur utama pemudik dan tujuan wisata utama sepanjang libur panjang Lebaran.

Saat ini, kata dia, untuk area XL Axiata Central Region sudah terdapat sekitar 43.000 BTS, dengan total  jumlah pelanggan mencapai lebih dari 16,5 juta. Total jumlah pelanggan terus meningkat, demikian juga dengan trafik pemakaian terutama layanan data.

"Total pelanggan kami telah mencapai 30 persen dari total pelanggan XL Axiata secara nasional,” katanya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA