Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

MPL Revolusi Konsep Arcade Tradisional

Jumat 03 May 2019 15:15 WIB

Red: Agung Sasongko

 Tim pengembang game asal India, Mobile Premier League memperkenalkan platform eSports MPL versi Indonesia.

Tim pengembang game asal India, Mobile Premier League memperkenalkan platform eSports MPL versi Indonesia.

Foto: Istimewa
MPL menawarkan berbagai game arcade.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim pengembang game asal India, Mobile Premier League memperkenalkan platform eSports MPL versi Indonesia. MPL menawarkan berbagai game arcade yang mengadu ketangkasan dan sarat nilai kompetisi.

Munculnya MPL meramaikan industri eSports di Indonesia yang masih didominasi game dengan genre RPG, FPS, Battle Royale, atau Multiplayer pada umumnya .

“MPL merevolusi konsep arcade tradisional yang terpaku pada tempat serta mesin arcade, dan mengemasnya menjadi platform yang mudah diakses pengguna lewat smartphone yang digenggamnya setiap saat,” jelas Joe Wadakethalakal, CEO - Indonesia, Mobile Premier League dalam siaran persnya.

Ia pun mengakui bahwa pasar industri eSports di Indonesia sangat menarik. Mengutip riset Newzoo di 2018, Indonesia berada di peringkat 17 dunia sebagai pasar game terbesar dengan proyeksi pendapatan sebesar USD 1.084 miliar.

“Genre arcade yang dihadirkan MPL berpotensi menjangkau masyarakat secara lebih luas, dan kami bisa menjadi pionir platform arcade yang dapat memaksimalkan industri eSports dalam negeri, mulai dari penambahan kompetisi hingga penciptaan lapangan kerja berbasis ekonomi kreatif,” tambah Joe.

MPL akan bekerja sama dengan para pengembang game lokal untuk menambahkan lebih banyak game ke dalam platformnya. Hingga kini, MPL telah diunduh hingga 25 juta kali di oleh penggunanya di India.

Pengguna di Indonesia bisa segera mengunduh MPL lewat situs resminya di id.mpl.live.

Indonesia kian serius memaksimalkan potensi eSports seiring diikutsertakannya eSports sebagai cabang olahraga resmi untuk dipertandingkan di SEA Games 2019, serta Asian Games 2022 mendatang. Keseriusan Indonesia juga terlihat dari besarnya dukungan pemerintah seperti terlihat dari pelaksanaan kompetisi Piala Presiden, Youth National Esports Championship, dan IEL University Series 2019.

“eSports masih terlalu luas untuk dirangkum dalam kompetisi game yang ada sekarang, dan MPL percaya bahwa arcade adalah bahasa yang lebih universal untuk menyatukan gamers Indonesia,” ujar Ridzki Syahputera, Head of Growth Indonesia, Mobile Premier League.

MPL menerapkan inovasi digital pada game arcade yang selalu populer dan digemari dari masa ke masa. Untuk peluncuran perdana versi Indonesia, platform MPL mengusung 5 judul game yang bisa segera dimainkan, yaitu Fruit Chop, Go-Ride, Runner no.1, Monster Truck, dan Fruit Dart.

MPL juga akan mengadakan turnamen untuk setiap judul game, sehingga para pemain punya kesempatan untuk menjadi juara setiap hari. Juara adalah pemain dengan skor tertinggi dalam turnamen, yang berhak mendapat sejumlah Berlian (alat tukar dalam game) sebagai hadiahnya.

MPL memperkaya pengalaman pengguna dengan mengintegrasikan fitur GO-PAY dalam platformnya. Berlian yang diperoleh dari permainan dalam platform MPL bisa diubah menjadi saldo GO-PAY, di mana satu Berlian setara dengan seratus rupiah dalam GO-PAY.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA