Jumat, 21 Sya'ban 1440 / 26 April 2019

Jumat, 21 Sya'ban 1440 / 26 April 2019

Gmail Luncurkan Fitur Pengiriman Surat Elektronik Terjadwal

Rabu 03 Apr 2019 07:57 WIB

Rep: Nugroho Habibi/ Red: Indira Rezkisari

Google

Google

Foto: EPA
Surat elektronik bisa diatur dikirim pada tanggal atau waktu tertentu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google akan segera merayakan ulang tahun ke-15 Gmail pada pekan depan. Perusahaan mesin pencari terbesar itu telah merilis fitur baru agar webmail dapat digunakan lebih efisien. Fitur baru yang paling menonjol adalah menjadwalkan surat elektronik untuk dikirim pada tanggal atau waktu tertentu di masa yang akan datang.

Baca Juga

Hal itu, akan sangat bermanfaat bagi mereka yang bekerja pada zona waktu yang berbeda. Termasuk bagi yang ingin terhindar dari gangguan pada waktu liburan. Kemudian, bisa juga sangat berguna bagi yang ingin meninggalkan kantor lebih awal namun seolah masih bekerja.

Fitur baru tentang penjadwalan pengiriman surat elektronik diperkenalkan oleh Google, beberapa waktu lalu. Google memperkirakan peluncuran di seluruh dunia akan terealisasi dalam beberapa minggu ke depan.

"Kami memahami bahwa pekerjaan sering kali terbawa di luar jam kerja, karena itu, penting untuk mempertimbangkan waktu henti semua orang," kata Jacob Bank, direktur manajemen produk untuk Google G-Suite seperti dilansir The Mirror, Rabu (3/4).

"Kami ingin mempermudah pekerjaan agar menghormati kesejahteraan digital semua orang, jadi kami menambahkan fitur baru ke Gmail yang memungkinkan untuk memilih kapan surat elektronik harus dikirim," kata Jacob.

Jacob menjelaskan, penggunaan penjadwalan surat elektronik tidak mengharuskan pengguna untuk menginstal atau melakukan pembaruan pada sistem. "Cukup tulis surat elektronik Anda seperti biasa, lalu jadwalkan kapan surat elektronik terkirim di kotak masuk penerima Anda di tanggal dan waktu kemudian." jelasnya.

Jacob menjelaskan tahap cara menggunakan layanan tersebut. Pertama, ketikkan surat elektronik Anda kemudian klik panah baru di sebelah tombol "kirim" biru. Selanjutnya, pilih "jadwal kirim" dan pilih tanggal atau waktu untuk menyampaikan pesan.

Surat elektronik terjadwal akan muncul di folder "terjadwal", pengguna juga dapat mengedit atau menghapusnya sebelum batas waktu yang telah tentukan. Google juga telah memperbarui alat "pintar menyusun" Gmail, yang menggunakan AI atau kecerdasan artifisial untuk menulis surat elektronik.

Selain itu, layanan dapat diakses dalam empat bahasa baru, yakni Spanyol, Prancis, Italia dan Portugis. Selain itu, diterima terbaru Gmail juga akan segera hadir dalam perangkat ponsel Android maupun IOS.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA