Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Microsoft akan Ganti Emoji Pistol Revolver dengan Mainan

Jumat 27 Apr 2018 06:06 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Nur Aini

Emoji. Ilustrasi

Emoji. Ilustrasi

Foto: GSM Arena
Microsoft mengikuti langkah Google mengganti emoji pistol revolver.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Microsoft, akan mengganti gambar emoji pistol revolver dengan gambar pistol air mainan di setiap platform produk miliknya. Langkah itu dianggap sebagai salah satu cara untuk merefleksikan nilai-nilai perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates tersebut.

Lewat akun Twitter resmi miliknya, Microsoft mengumumkan rencana perubahan gambar emoji tersebut, lengkap dengan sebuah gambar pistol air mainan. ''Kami tengah dalam proses untuk melakukan evolusi pada emoji kami. Hal ini untuk merefleksikan nilai-nilai dan masukan yang kami terima selama ini,'' tulis keterangan Microsoft, seperti dikutip BBC, Jumat (27/4).

Sebelumnya, Apple menjadi perusahaan penyedia layanan emoji pertama yang mengganti emoji pistol revolver dengan pistol air mainan, tepatnya pada 2016 silam. Perubahan itu sebagai bentuk keprihatinan atas maraknya insiden penembakan di Amerika Serikat. Namun, pada saat itu, langkah sebaliknya justru dilakukan Microsoft. Mereka malah mengganti gambar pistol air mainan menjadi gambar emoji pistol revolver.

Akhirnya, Microsoft mengambil keputusan untuk mengganti gambar emoji pistol revolver tersebut dengan gambar pistol air mainan pada tahun ini. Langkah itu diambil beberapa hari setelah Google memutuskan untuk mengganti gambar emoji pistol revolver dengan pistol mainan. Rencananya, perubahan terbaru dalam gambar emoji pistol di Google akan diaplikasikan pada update terbaru sistem operasi mereka, Android 9.0.

Sebenarnya, langkah mengganti emoji senjata api dengan pistol mainan juga telah dilakukan oleh sejumlah perusahaan penyedia emoji lainnya, seperti Whatsapp, Samsung, Twitter, dan Facebook. Bahkan, Whatsapp telah mengganti emoji senjata api dengan senjata mainan pada 2017 silam. Sementara Facebook dan Twitter telah menerapkan perubahan itu pada 2018.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA