Jumat, 19 Safar 1441 / 18 Oktober 2019

Jumat, 19 Safar 1441 / 18 Oktober 2019

Google Segera Perbarui Kemampuan Bahasa Indonesia

Selasa 16 Agu 2016 16:26 WIB

Red: Winda Destiana Putri

Google

Google

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google mencatat salah satu perbaikan yang diperlukan di Indonesia adalah meningkatkan kemampuan mesin pencari Google Search untuk menjawab query dalam bahasa Indonesia, terutama pencarian dengan suara.

“Indonesia masuk lima besar negara pengguna pencarian suara (voice search),” kata Vice President Product Management Google Search Tamar Yehoshua saat di acara Google for Indonesia di Jakarta, belum lama ini.

Menurut Yehoshua, angka pencarian dengan voice search di Indonesa naik dua kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Mereka mengembangkan teknologi machine learning untuk kemampuan memahami bahasa Indonesia serta voice recognition, mengenali suara meskipun di latar belakang yang bising.

Konten lokal berbahasa Indonesia, yang sesuai dengan minat pengguna internet Tanah Air pun penting untuk dikembangkan, seperti mengenai kuliner, film dan motor.

Hal yang juga disoroti Google Search untuk Indonesia adalah mengenai kecepatan.

“Kecepatan sangat penting untuk konektivitas,” kata Yehoshua.

Google akan segera meluncurkan fitur Lite Mode di Google Search yang dapat digunakan saat koneksi internet lambat atau tidak stabil.

Fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk menelusuri pencarian lima kali lebih cepat dan 90 hemat data.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA