Monday, 19 Zulqaidah 1440 / 22 July 2019

Monday, 19 Zulqaidah 1440 / 22 July 2019

Media Online Lokal Harus Mampu Tentukan Posisi

Rabu 03 Jul 2013 02:50 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Media Online. Ilustrasi.

Media Online. Ilustrasi.

Foto: fahrenheitmarketing

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Media online dan situs web lokal harus mampu menentukan posisi dan karakter supaya mampu bersaing dengan pemain-pemain besar global.

Hal ini diungkapkan Robin Mulyadi dari Effective Measure saat menjadi salah satu pembicara dalam Konferensi Tahunan Media Online dengan tema "Konten Global: Problem Etika, Ekonomis dan Tantangan Menjadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri" yang diadakan Aliansi Jurnalis Indepenen (AJI) Indonesia. 

"Kalau mau membuat web atau portal berita, kita harus tahu siapa yang kita hadapi. Ada pemain-pemain besar seperti Google, Yahoo, Facebook yang akan menjadi pesaing kita," kata Robin di Jakarta, Selasa (2/7).

Karena itu, Robin mengatakan web, portal berita dan media online lokal harus menentukan posisi dan karakternya supaya bisa menarik pengguna setia dan memiliki keunikan.

Pemain bisnis online lokal juga harus mampu memahami pengguna dan pemasang iklannya karena iklan merupakan pemasukan utama media online.

"Kalau kita mau beriklan, pasti akan pilih web atau portal besar dan global. Kalau tidak memiliki karakter dan keunikan, web lokal tidak akan dilirik," tuturnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA