Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Layanan MangoeSky for Cafe Majukan UMKM Pedalaman

Jumat 18 Jan 2019 16:16 WIB

Red: Agus Yulianto

Rumah Makan Nadira yang terletak di Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat menggunakan internet satelit, guna memuaskan pelanggannya berselancar di dunia maya di daerah pedalaman.

Rumah Makan Nadira yang terletak di Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat menggunakan internet satelit, guna memuaskan pelanggannya berselancar di dunia maya di daerah pedalaman.

Foto: dok. Istimewa
Pelanggan hanya butuh membeli voucher yang disediakan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Di era teknologi informasi saat ini, pemanfaatan internet satelit sangat berguna dalam mencari peluang bisnis dan buyer. Tidak ketinggalan, hal itu juga terjadi pada daerah pedalaman yang dapat mendukung kemajuan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

 

Direktur Bisnis Telkomsat Bogi Witjaksono mengatakan, salah satu layanan internet satelit yang dapat dipilih agar lancar berselancar di dunua maya sekalipun di daerah pedalaman adalah MangoeSky for Café. 

 

Untuk menikmati akses internet ini, kata dia, pelanggan hanya butuh membeli voucher yang disediakan. Sehingga, layanan ini juga memberikan revenue tambahan kepada pemilik usaha rumah makan sekaligus meningkatkan daya tarik.

 

“Layanan MangoeSky for Café memang diperuntukkan untuk koneksi internet di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar), sehingga masyarakat di daerah pedalaman tetap dapat merasakan manfaat internet. Da masyarakat dapat menikmati internet untuk mendapatkan informasi maupun hiburan,” kata Bogi dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Jumat (18/1).

 

Dia mencontohkan, Rumah Makan Nadira yang terletak di kabupaten Melawi, Kalimantan Barat. Rumah makan ini terlihat sama dengan rumah makan lain di wilayahnya. Bangunan sederhana yang hanya menggunakan kursi dan meja tradisional sebagai tempat menyambut tamu untuk menyantap sajian di rumah makan tersebut. 

 

Tempat ini juga menjadi tempat singgah dan beriistirahat para supir bus antar kota. Namun, tambah Bogi, ada perbedaan dari rumah makan ini. "Sejak Agustus 2018 Rumah Makan Nadira menambahkan layanan internet untuk menarik minat pelanggan ke tempatnya. Layanan ini menjadi keunggulan dibandingkan dengan rumah makan lain," ujarnya. 

 

Terletak di desa Naga Pintas, Kabupaten Melawi, Provinsi Kalimantan Barat yang merupakan daerah sulit akses internet. 

 

"Maka tidak heran jika kemudahan berinternet yang ditawarkan menjadi nilai plus tersendiri," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA