Selasa, 14 Jumadil Akhir 1440 / 19 Februari 2019

Selasa, 14 Jumadil Akhir 1440 / 19 Februari 2019

Apa Itu Tantangan 10 Tahun?

Kamis 17 Jan 2019 09:15 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Indira Rezkisari

Instagram

Instagram

Foto: EPA
Sudah 2,4 juta unggahan #10YearChallenge meramaikan Instagram.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam beberapa tahun terakhir, media sosial telah didominasi oleh tantangan viral. Berbagai hal aneh dilakukan, mulai dari menelan satu sendok teh kayu manis pedas hingga menuangkan es batu seember penuh di kepala.

Baca Juga

Namun sekarang, ada sensasi virus baru yang menyapu Twitter dan Instagram semua orang. Tantangan baru yang sekarang kerap diikuti orang adalah #10YearChallenge.

Sementara tagar seperti #ThrowbackThursday dan #FlashbackFriday biasanya digunakan di media sosial. Tagar pertama memiliki 45 juga unggahan di Instagram dan yang terakhir memiliki 13 juta unggahan. Beberapa hari terakhir orang membagikan foto-foto lama mereka sendiri untuk alasan yang berbeda.

Apa itu tantangan #10YearChallenge? Dilansir dari laman Independent, Kamis (17/1), Jika Anda menggunakan media sosial, Anda mungkin memperhatikan sejumlah orang mengunggah foto profil dulu dan sekarang. Ini adalah tren yang paling dikenal sebagai Tantangan 10 Tahun tetapi juga berjalan dengan sejumlah nama yang berbeda, termasuk "glow-up challenge", "2009 vs 2019" atau "How Hard Did Aging Hit You".

Kegemaran ini melibatkan orang-orang yang membandingkan foto-foto diri mereka pada 2009 dengan yang diambil pada 2019 di Facebook, Twitter dan Instagram.

Saat ini, #10YearChallenge memiliki 2,4 juta unggahan di Instagram, #GlowUpChallenge memiliki lebih dari 60 ribu, sementara #2009vs2019 memiliki 113 ribu dan #HowHardDidAgingHitYou diisi dengan 58 ribu unggahan.

Seperti kebanyakan tantangan media sosial, sedikit tidak jelas siapa, atau apa, yang memulai gerakan ini.

Sementara beberapa orang menyarankan itu ada hubungannya dengan fitur 'Kenangan' Facebook yang mengingatkan Anda pada foto yang sudah lama terlupakan, yang lain menduga itu karena 2009 adalah tahun di mana media sosial benar-benar lepas landas.

Menurut Mashable, 2009 terbukti merupakan tahun yang paling sulit bagi Facebook, Yaitu dengan menambah lebih dari 200 juta pengguna baru dan meningkatkan lebih dari 200 juta dolar AS di pendapatan. Sementara Twitter menyelesaikan tahun itu dengan 18 juta pengguna, yang mewakili 3,8 persen pengguna Internet dewasa.

Bagaimana Anda bisa ambil bagian? Berpartisipasi dalam tantangan itu cukup mudah. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membagikan foto dua sisi berdampingan tentang diri Anda yang terpisah sepuluh tahun, satu dari 2009 dan satu dari 2019.

Anda dapat melakukannya dengan mengunduh aplikasi kolase, seperti Pic Collage, yang memungkinkan Anda menggabungkan beberapa gambar menjadi satu. Ketika foto Anda berdampingan siap, cukup unggah ke saluran media sosial pilihan Anda dengan tagar #10YearChallenge.

Atau, Anda dapat memilih untuk hanya mengirim gambar masa lalu saja dari beberapa tahun lalu. Sejumlah selebritas juga banyak yang ikut terlibat, baik di dalam maupun luar negeri. Viralnya tantangan ini ditanggapi pula dengan foto-foto dari Reese Witherspoon, Miley Cyrus, Tyra Banks dan Jessica Biel.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES