Tuesday, 19 Rajab 1440 / 26 March 2019

Tuesday, 19 Rajab 1440 / 26 March 2019

Kemenkominfo Bantah akan Blokir Gim Daring

Kamis 10 Jan 2019 18:55 WIB

Red: Indira Rezkisari

Ilustrasi Game Online

Ilustrasi Game Online

Foto: Foto : MgRol_94
PUBG hingga Mobile Legends dirumorkan segera diblokir akhir Januari 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Komunikasi dan Informatika membantah akan memblokir sejumlah gim daring. Kabar muncul dari infografis yang mencatut logo kementerian tersebut awal bulan ini.

"Kementerian Kominfo menegaskan bahwa informasi itu tidak benar atau hoaks," kata Plt. Kepala Biro Humas, Ferdinandus Setu, Kamis (10/1). Infografis yang mencatut nama Kominfo tersebut menginformasikan kementerian akan memblokir gim mulai 31 Januari. Gim yang akan diblokir dalam infografis tersebut adalah PUBG, Free Fire, Rules of Survival, Fortnite, Creative Destruction, Cross Fire: Legends, Mobile Legends, Arena of Valor, Point Blank Online dan Grand Theft Auto 5.

Menurut Kominfo, hoaks serupa pernah beredar pada 2015 dan 2016 lalu dengan mencatut nama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, selain Kominfo. "Kementerian Kominfo menegaskan bahwa perlindungan terhadap masyarakat dalam penggunaan produk permainan interaktif elektronik memang menjadi perhatian pemerintah," kata kementerian.

Peraturan Menteri Kominfo Nomor 11 Tahun 2016 tentang Klasifikasi Permainan Elektronik membuat klasifikasi penggunaan konten berdasarkan kategori dan kelompok usia. Konten dikelompokkan sesuai usia yaitu untuk 3 tahun atau lebih, 7 tahun atau lebih, 13 tahun atau lebih, 18 tahun atau lebih dan kelompok untuk semua usia.

Konten yang berkaitan dengan kekerasan hanya boleh dikonsumsi untuk kategori 13 tahun ke atas dengan batasan tertentu. Konten untuk usia 13 tahun ke bawah tidak boleh mengandung kekerasan.

Kominfo mengimbau masyarakat dapat menyampaikan aduan terkait klasifikasi konten melalui situs igrs.id.(N012).

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA