Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Kominfo Targetkan Semua Sekolah Dapat Akses Internet Cepat

Jumat 31 Aug 2018 08:55 WIB

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Esthi Maharani

Proyek Palapa Ring pemerintah Indonesia.

Proyek Palapa Ring pemerintah Indonesia.

Foto: kominfo.go.id
Palapa ring dilengkapi kabel jaringan fiber optik dan satelit untuk internet cepat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berupaya memperluas akses internet untuk sekolah di seluruh Indonesia. Ditargetkan akses internet cepat dapat dinikmati pada 2022.

"Pada Tahun 2022 seluruh sekolah di Indonesia dapat menikmati internet dengan koneksi yang baik," kata Menteri Kominfo, Rudiantara, dalam forum diskusi Optimisme Menatap Masa Depan di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis (30/8).

Rudiantara menegaskan, hal tersebut dimungkinkan dengan adanya akses internet cepat Palapa Ring. Ia mengatakan Palapa Ring saat ini sedang dalam proses pembuatan. Palapa ring akan dilengkapi kabel jaringan fiber optik di laut Indonesia dan satelit untuk internet kecepatan tinggi.

"Sekarang sekolah-sekolah di Indonesia memang sudah bisa menggunakan internet. Tapi pada kenyataannya internet itu baru dipakai saat UNBK," kata Rudiantara menjelaskan.

Diharapkan, lanjut dia, dengan adanya penggunaan internet di seluruh sekolah di Indonesia dapat memberikan dampak positif bagi generasi masa depan bangsa. Pasalnya, dengan adanya internet dapat mengubah pola belajar di Indonesia yang masih terlalu fokus dengan menghafal daripada memahami konsep.

"Dengan adanya koneksi internet yang baik di tiap sekolah, para guru bisa memberikan sebuah permasalahan untuk diselesaikan, lalu para siswa dapat mencari referensi di internet, mengumpulkannya, dan merangkumnya menjadi sebuah jawaban dari permasalahan," kata dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA