Selasa, 14 Jumadil Akhir 1440 / 19 Februari 2019

Selasa, 14 Jumadil Akhir 1440 / 19 Februari 2019

Hotel Alibaba Group Miliki Robot Canggih Sebagai Pelayan

Kamis 24 Jan 2019 02:33 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Gita Amanda

Alibaba Grup (ilustrasi)

Alibaba Grup (ilustrasi)

Foto: REUTERS
FlyZoo disebut-sebut sebagai inkubator teknologi industri perhotelan masa depan.

REPUBLIKA.CO.ID, HANGZHOU -- Hotel futuristik milik Alibaba Group Holding Ltd “FlyZoo” resmi dibuka bulan lalu untuk umum. Hotel yang memiliki 290 kamar ini memiliki robot setinggi satu meter sebagai pengantar makanan dan memberikan handuk baru.

Robot adalah bagian dari rangkaian alat teknologi tinggi yang secara drastis memotong biaya tenaga kerja hotel. Bersamaan dengan itu juga menghilangkan kebutuhan tamu untuk berinteraksi dengan orang lain.

FlyZoo disebut-sebut sebagai inkubator untuk teknologi yang ingi dijual Alibaba ke industri perhotelan di masa depan dan kesempatan menunjukkan kehebatannya dalam kecerdasan buatan (AI). Ini juga merupakan eksperimen yang menguji tingkat kenyamanan konsumen dengan bisnis tak berawak di Cina.

“Ini semua tentangg efisiensi dan konsistensi layanan karena robot tidak terganggu oleh suasana hati manusia. Kadang-kadang, kami mengatakan tidak sedang dalam suasana hati yang baik,” kata CEO Alibaba Future Hotel Management, Andy Wang, seperti yang dilansir dari Malay Mail, Rabu (23/1) lalu.

Di dalam hotel, dinding berpanek putih menyala mengingatkan pada interior pesawat ruang angkasa Hollywood. Para tamu check-in di podium yang dapat memindai wajah mereka, paspor, atau ID lainnya. Pengunjung dengan ID nasional Cina dapat memindai wajah mereka menggunakan ponsel pintar untuk check-in lebih awal.

Elevator memindai wajah tamu untuk memverifikasi lantai mana yang dapat mereka akses. Pintu kamar hotel dibuka dengan pemindai wajah lainnya.

“Ini sangat cepat dan aman. Saya belum terbiasa untuk waktu yang lama, tetapi pada dasarnya saya bisa berada di kamar saya dalam satu menit,” kata seorang tamu Tracy Li.

Di kamar, teknologi perintah suara Alibaba digunakan untuk mengubah suhu, menutup tirai, menyesuaikan pencahayaan, dan memesan layanan kamar. Sedangkan di restoran hotel, robot berbentuk kapsul yang lebih tinggi mengantarkan makanan pesanan tamu melalui FlyZoo.

Sementara di bar yang terpisah, lengan robot besar dapat mencampur lebih dari 20 jenis koktail yang berbeda. Kamera pengenal wajah menambahkan biaya ke tarif kamar secara otomatis.

Untuk check-out, para tamu menekan tombol pada aplikasi. Setelah itu kamar terkunci dan pembayaran secara otomatis dibebankan melalui dompet online Alibaba. Jika semuanya sudah selesai, data pemindaian wajah para tamu segera dihapus dari sistem Alibaba.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES