Wednesday, 16 Syawwal 1440 / 19 June 2019

Wednesday, 16 Syawwal 1440 / 19 June 2019

RHS Jadi Pembicara Seminar Matematika Internasional

Senin 10 Jun 2019 14:44 WIB

Red: Gita Amanda

Presdir KPM menjadi salah satu pembicara di seminar matematika internasional di Manila, Filipina.

Presdir KPM menjadi salah satu pembicara di seminar matematika internasional di Manila, Filipina.

Foto: Klinik Pendidikan MIPA
RHS diundang karena dinilai sebagai salah satu pakar matematika di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Mathematics Trainers' Guild (MTG) Philippines menggelar agenda 3-Day International Seminar on Enriching Teachers' Olympiad Experience towards "Mathematical Maturity" di Manila Grand Opera Hotel, Jumat (7/6) hingga Ahad (9/6) lalu. Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA (KPM), Ridwan Hasan Saputra, didaulat menjadi salah satu pembicara di acara seminar internasional tersebut.

Baca Juga

Agenda seminar matematika internasional yang digelar MTG bertujuan mengkaji lebih mendalam ihwal pengetahuan, keterampilan, dan cara berpikir yang penting bagi siswa. Juga untuk meningkatkan kreativitas berpikir yang mendukung budaya belajar matematika di kelas, dan menstimulasi kemampuan berpikir matematis melalui pemecahan masalah (problem solving).

President of MTG Philippines dr. Isdiro C. Aguilar mengungkapkan bahwa pihaknya mengundang RHS karena beliau merupakan salah satu pakar matematika di Indonesia yang konsisten mengembangkan pendekatan dan strategi berpikir matematika tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills). "Kami percaya bahwa RHS merupakan salah satu pakar matematika di Indonesia yang membagikan ilmu dan pengalaman, serta insight untuk mengembangkan pembelajaran matematika dengan beragam strategi pemecahan masalah. Kami berharap guru-guru, para praktisi matematika di Philippines bisa belajar secara optimal dari kepakaran RHS," ungkap Chief Education Supervisor for Curriculum Implementation Division, Department of Education, Taguig City and Pateros.

Pengalaman terbaik KPM menerapkan Matematika Nalaria Realistik yang berbasis HOTS sejak 2003 memudahkan RHS berbagi ilmu tentang strategi pembelajaran matematika berbasis masalah secara komprehensif dan kontekstual dengan peserta seminar matematika internasional. Sajian materi RHS mendapatkan apresiasi positif dari peserta seminar.

photo

Presdir KPM Ridwan Hasan Saputra.

Lambert G. Quesada, Master Teacher dari Signal Village National High School, Taguig City Philippines mengutarakan kesannya mengikuti sajian materi dari RHS. Beliau sangat senang karena bisa belajar dari presentasi RHS dalam kesempatan seminar itu. Baginya, metode pemecahan masalah yang disajikan pembicara sangat menakjubkan sehingga memudahkan peserta dapat menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah matematika.

Lambert yang sudah menggeluti matematika sejak 15 tahun lalu dan sejak pertama berjumpa RHS, beliau sudah memahami betul bagusnya strategi yang diajarkan RHS kepada murid-muridnya. "Kita perlu mengembangkan bermacam-macam strategi untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah agar bisa mendapatkan solusinya. Semua tips dan strategi yang dibagikan RHS sangat menarik karena benar-benar bisa mengasah HOTS kita," urai Lambert.

Senada dengan kesan yang dirasakan Lambert, Roberto Lelina (BHC Educational Institution, Inc. San Fernando City, La Union) menyampaikan kekagumannya dengan sajian materi RHS. "Materi yang disajikan sangat menarik. Kita bisa belajar tentang pentingnya pendekatan yang berbeda-beda dalam menerapkan strategi pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika. Kualitas masalah yang disajikan pembicara sangat berkualitas karena dapat menantang keterampilan berpikir tingkat tinggi," ujar kepala SD tersebut.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA