Rabu, 17 Ramadhan 1440 / 22 Mei 2019

Rabu, 17 Ramadhan 1440 / 22 Mei 2019

MIHT dan Optimalisasi Potensi Anak di Olimpiade Matematika

Jumat 19 Apr 2019 05:05 WIB

Red: Gita Amanda

Read1 Institute menggelar program khusus, Math In House Training (MIHT) goes to International Mathematics Contest Singapore (IMCS) dan International Mathematics Wizard Challenge (IMWiC) 2019.

Read1 Institute menggelar program khusus, Math In House Training (MIHT) goes to International Mathematics Contest Singapore (IMCS) dan International Mathematics Wizard Challenge (IMWiC) 2019.

Foto: Klinik Pendidikan MIPA
Program MIHT bertujuan untuk mengenalkan anak pada materi pembelajaran matematika.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Setiap anak Indonesia memiliki hak untuk dikembangkan potensi dirinya di berbagai bidang kehidupan, tak terkecuali anak-anak Indonesia yang memiliki potensi di bidang matematika. Untuk memfasilitasi pengembangan minat dan bakat anak Indonesia di bidang matematika, Read1 Institute menggelar program khusus, Math In House Training (MIHT) goes to International Mathematics Contest Singapore (IMCS) dan International Mathematics Wizard Challenge (IMWiC) 2019.

Program MIHT bertujuan untuk mengenalkan anak pada materi pembelajaran matematika. Khususnya pada penguatan dasar-dasar dalam memahami soal-soal olimpiade matematika nasional maupun olimpiade matematika internasional.     

Ryky Tunggal Saputra Aji, Kepala Bagian Pelatihan di Read1 Institute menguraikan beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh para peserta MIHT, di antaranya menguatkan pemahaman anak pada materi dasar olimpiade matematika, mengasah keterampilan berpikir anak dalam menyelesaikan soal-soal olimpiade, melatih kemandirian dan sikap tanggung jawab anak, serta membangun kebersamaan dan menjalin persahabatan di antara sesama peserta yang berasal dari sekolah yang berbeda-beda. Aturan yang dirancang di acara MIHT, salah satunya adalah aturan tidak memperbolehkan peserta MIHT membawa perangkat elektronik selama kegiatan berlangsung.

"Hal ini menjadi strategi agar anak-anak  bisa lebih fokus dalam belajar dan bisa mengasah keterampilan berkomunikasi dan keterampilan bersosialisasi mereka,” ujar Team Leader di ajang China Southeast Mathematical Olympiad (CSMO) 2018 di Cina.

Para peserta yang terdiri dari murid kelas 3 SD – 8 SMP memiliki kesan mendalam dalam keikutsertaannya pada program MIHT goes to IMCS dan IMWiC 2019. Daffa Sulthan Wibawa, murid kelas 3 Gema Nurani International School ini merasa senang karena mendapat ilmu baru. Ia juga diajari cara mengerjakan soal-soal matematika, dan belajar hidup teratur serta disiplin.

Senada dengan Sulthan, Ratu Alifia Mutiara Kusumah, murid kelas 8 SMP Negeri 1 Margahayu Bandung ini pun menuturkan perasaan bangga dan bersyukur bisa menjadi peserta MIHT. “Bagi saya, kegiatan MIHT sangat bermanfaat karena saya mendapatkan teman baru, wawasan baru tentang matematika, dan saya memiliki kesempatan untuk bisa mengikuti kompetisi matematika di tingkat internasional,” pungkas murid yang bercita-cita menjadi dokter ini.  

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA