Selasa, 16 Safar 1441 / 15 Oktober 2019

Selasa, 16 Safar 1441 / 15 Oktober 2019

Pesona Kampung Matematika Memukau Guru Daerah

Ahad 20 Jan 2019 14:56 WIB

Red: Gita Amanda

Sejumlah guru daerah mengikuti kegiatan di Kampung Matematika Laladon.

Sejumlah guru daerah mengikuti kegiatan di Kampung Matematika Laladon.

Foto: Klinik Pendidikan MIPA
Kampung Matematika diharapkan jadi daya tarik siswa untuk lebih semangat.

REPUBLIKA.CO.ID, LALADON -- Diiringi tawa dan candaan, puluhan guru daerah menikmati serunya berwisata di Kampung Matematika Laladon, Kamis (17/1). Mereka tampak antusias kala berhasil melewati beragam tantangan yang disajikan tim fasilitator.

Rupanya, 26 guru tersebut merupakan peserta pelatihan Matematika Nalaria Realistik (MNR) yang digelar Klinik Pendidikan MIPA (KPM), pada tanggal 15-18 Januari 2019. Puluhan peserta ini datang dari berbagai daerah, seperti Jakarta, Bogor, Tangerang, Riau, dan Balikpapan.

Kegiatan yang dilaksanakan di RW 04 itu sengaja dihadirkan untuk mengenalkan Kampung Matematika Laladon kepada masyarakat. Menurut Kepala Divisi Pelatihan KPM, Ryky TSA, Ada 10 jenis permainan yang mengusung tema eksplorasi matematika dan eksperimen sains, di antaranya Tic Tac Toe 9, Target Ball, Toxic, Perahu, Logix, Tugu Tali, Menara Hanoi, dan sebagainya.

photo

Kampung Matematika Laladon.

“Selain menjadi sarana berwisata, Kampung Matematika Laladon diharapkan dapat menjadi daya tarik siswa untuk lebih semangat dalam mempelajari matematika dan sains. Dengan begitu, belajar matematika dan sains akan semakin menyenangkan dan mudah dipelajari siswa,” jelasnya.

Seperti dikatakan salah satu peserta, M Fathan, guru SMP Integral Luqman Al Hakim Balikpapan, bahwa kegiatan di Kampung Matematika Laladon sangat seru sekali. Sebab permainan yang disajikan memerlukan teknik dan kerja sama tim.

“Hal yang paling berkesan adalah ketika harus menyusun sebuah kubus dari puzzle, meskipun awalnya membingungkan, tetapi setelah berdiskusi dengan tim, akhirnya kami berhasil menyelesaikan puzzle tersebut,” ujarnya seraya tertawa.

Sementara itu, peserta asal Riau, Khairunnisa mengungkapkan kekagumannya terhadap Kampung Matematika Laladon. “Alhamdulillah, saya sangat senang sekali, ternyata di tengah kota yang begitu padat, ada perkampungan yang dijadikan sarana edukasi. Kunjungan ini merupakan pertama kali buat saya dan sukses membuat saya terkesan,” ujar Guru Al Ihsan Boarding School Riau ini, seperti dalam siaran pers Klinik Pendidikan MIPA, Ahad (20/1).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA