Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Pria Temukan Komputer Apple Berusia 30 Tahun di Loteng Rumah

Selasa 19 Feb 2019 17:43 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Komputer Apple Seri II yang dirilis pada tahun 1983 (ilustrasi)

Komputer Apple Seri II yang dirilis pada tahun 1983 (ilustrasi)

Foto: techspot
Komputer Apple itu masih bisa digunakan bahkan untuk bermain gim

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Teknologi komputer berkembang pesat selama tiga dekade terakhir. Kondisi ini menyebabkan komputer-komputer lawas disingkirkan dan diganti dengan yang lebih canggih. Namun sebuah kejutan datang ke hadapan John Pfaff, profesor hukum yang mengajar di Fordham University New York. 

Saat masuk ke loteng rumah, dia menemukan sebuah komputer seri Apple II yang dirilis pada 1983. Ini artinya komputer tersebut sudah berumur 36 tahun. Hal yang mencengangkan adalah komputer peninggalan orang tuanya tersebut rupanya masih dapat berfungsi dengan baik kendati penuh debu. 

"Aku memasukkan disket gim lama dan muncul pertanyaan apakah aku ingin mengembalikan gim yang tersimpan. Dan aku mendapatkannya! Aku seperti kembali berusia 10 tahun," kicau Pfaff di akun Twitternya dilansir Techspot. 

Gim yang dimaksud adalah Adventureland. Adventureland adalah gim petualangan teks pertama untuk mikrokomputer yang dirilis oleh Scott Adams pada 1978.

Pfaff juga mencoba beberapa judul lain termasuk permainan trivia Millionware, Olympic Decathlon, dan Neuromancer yang rilis 1989 berdasarkan buku William Gibson.

Profesor itu juga menemukan surat yang diketik ayahnya pada tahun 1986. Surat itu diketik ketika Pfaff berusia 11 tahun dan sedang mengikuti perkemahan musim panas. "Ayahku meninggal hampir setahun lalu. Sesuatu yang menakjubkan karena aku menemukan sesuatu yang otentik darinya," kicau Pfaff. 

Unit utama untuk Apple IIe awalnya diluncurkan dengan banderol harga 1.395 dolar AS. Saat ini harganya setara 3.510 dolar AS. Satu unit yang dibeli dengan aksesoris seperti monitor dijual hingga kisaran 1.995 dolar AS atau sekitar 5.025 dolar AS hari ini.

Komputer tersebut hadir dengan fitur-fitur baru termasuk huruf besar dan kecil, fungsi penuh tombol Shift dan Caps Lock, dan kontrol kursor empat arah. Komputer punya RAM berkapasitas 64KB sebagai standar dan dapat diperluas ke 1 MB. Akan tetapi produksi unit ini dihentikan pada 1993.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA