Sunday, 14 Jumadil Awwal 1440 / 20 January 2019

Sunday, 14 Jumadil Awwal 1440 / 20 January 2019

Haruskah Mematikan Komputer di Malam Hari?

Senin 31 Dec 2018 14:19 WIB

Rep: MGROL116/ Red: Ani Nursalikah

Keyboard pada komputer

Keyboard pada komputer

Foto: pixabay
Masih ada perdebatan tentang dampak mematikan komputer.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semakin tua komputer (PC), risikonya akan semakin besar. Komputer juga memanas saat dinyalakan, dan panas tersebut akan berdampak buruk ke semua komponen.

“Beberapa item memiliki siklus hidup terbatas. Misalnya, jika panel (LCD) dibiarkan menyala setiap saat, panel itu hanya dispesifikasi sekitar 15 ribu jam atau sekitar dua tahun. Karena alasan ini, sebaiknya biarkan panel mati dan matikan saat tidak digunakan," kata Direktur Manajemen Produk Notebook dan PC Komersial, Ajay Gupta seperti yang dikutip di Digital Trends.

Dia juga mengatakan baterai dan hard drive juga memiliki siklus hidup terbatas. Mematikannya (sleep) saat tidak digunakan akan memperpanjang umur komponen ini.

Masih ada perdebatan tentang dampak mematikan komputer. Bagi banyak orang, konsep shut down dan start up sudah ketinggalan zaman. Terlepas dari argumen itu, ada beberapa alasan kuat untuk membiarkan komputer menyala atau mematikannya yang tidak dapat diperdebatkan.

Alasan membiarkan komputer menyala

  • Anda menggunakan PC sebagai server atau Anda ingin dapat mengaksesnya dari jarak jauh
  • Ada pembaruan latar belakang, pemindaian virus, atau aktivitas lain yang ingin dilakukan saat Anda pergi
  • Anda tidak pernah ingin memulai dengan menunggu

Alasan mematikannya

  • Boros listrik dan sedikit meningkatkan tagihan listrik
  • Anda tidak ingin diganggu oleh pemberitahuan atau suara kipas
  • Kinerja komputer umumnya mendapat manfaat dari reboot sesekali

Sleep atau hibernate?

"Sleep tidak masalah karena itu menempatkan komputer ke kondisi daya rendah tanpa mematikannya sepenuhnya," kata Leslie.

Dalam hibernate, komputer berhenti menggunakan daya dan modenya tetap berlanjut. Menurut Leslie, hibernate adalah opsi yang kurang diinginkan karena menghasilkan keausan yang mirip dengan start dan stop.

Jadi, jika Anda akan membiarkannya sepanjang waktu, pastikan Anda memeriksa opsi sleep di menu shut down. Anda dapat menghemat banyak daya tanpa kerugian nyata.

Merawat PC

Jutaan PC berakhir di tumpukan sampah setiap tahun. Menurut Electronics TakeBack Coalition, hampir 52 juta komputer dibuang di AS pada 2010.

“Selalu gunakan pelindung lonjakan arus,” ujar Leslie.

Selain itu, untuk masa pakai terbaik, Leslie juga menyarankan untuk mendapatkan power supply yang tidak pernah terputus (UPS) sebagai pelindung lonjakan baterai. Ini membantu kondisi daya untuk meratakannya dan mencegah lonjakan daya yang dapat menurunkan umur komponen komputer Anda.

Menjaga komputer agar tetap bersih juga akan membantunya bertahan lebih lama. Bersihkan dengan membuka dan menghilangkan debu pada komponen serta menghapus instalan perangkat lunak lama dan membersihkan file.

Intinya, jika Anda menggunakan komputer lebih dari sekali sehari, biarkan setidaknya sepanjang hari. Jika Anda menggunakannya di pagi dan malam hari, Anda dapat membiarkannya semalaman.

Jika Anda menggunakan komputer hanya beberapa jam sekali sehari atau kurang sering, matikan saat Anda selesai. Jadi, jawabannya tergantung pada bagaimana Anda menggunakan komputer dan kebutuhan Anda dalam menggunakan komputer itu.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES