Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Petinggi Perusahaan Teknologi Malah Khawatirkan Keberadaan Robot

Sabtu 27 Jun 2015 14:30 WIB

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Dwi Murdaningsih

Google

Google

Foto: Reuters//Andrew Kelly

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Seiring perkembangan zaman, rupanya ada kekhawatiran mengenai kehadiran robot yang akan menyaingi manusia. Pendiri Apple Steve Wozniak mengatakan robot akan menjadikan manusia sebagai binatang peliharaan mereka. Sebab manusia selama ini selalu ingin dipelihara dan diperhatikan dengan baik.

Wozniak merasa khawatir dengan semakin banyaknya pembuatan robot artificial intelligence (AI) oleh Google. "Namun ada sisi baiknya dengan pembuatan AI, sebab mereka akan memperlakukan manusia sebagai bagian dari alam," katanya seperti dilansir The Independent, Jumat, (26/6).

Banyaknya robot ini, ujar dia, sebenarnya baik juga untuk manusia. Robot akan menyadari keberadaan mereka di dunia ini. "Mereka akan menjaga manusia seperti manusia menjaga anjing peliharaan keluarga."

Dia mengatakan para robot sangat cerdas sehingga robot bisa menyadari bahwa mereka adalah bagian dari alam dan harus menjaganya. Namun, hal yang paling ditakutkan Wozniak ketika manusia digantikan oleh komputer. "Aku takut akan hal itu," katanya.

Sebelumnya, CEO Tesla Elon Musk juga  mengaku takut dengan pasukan robot yang dikembangkan oleh Google. Menurutnya AI bisa berubah menjadi makhluk jahat. Pembuatan dan pengembangan AI, lanjutnya, harus dimonitor secara dekat. Ini dilakukan agar AI tidak menjadi makhluk yang berbahaya.

"Pasukan robot Google bisa menjadi sesuatu yang jahat jika terjadi kecelakaan atau eror yang tak diinginkan," kata Musk.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA