Sunday, 24 Zulhijjah 1440 / 25 August 2019

Sunday, 24 Zulhijjah 1440 / 25 August 2019

Tokopedia Akuisisi Bridestory dan Parentstory

Kamis 20 Jun 2019 14:00 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Christiyaningsih

Co-Founder dan CEO Tokopedia William Tanuwijaya.

Co-Founder dan CEO Tokopedia William Tanuwijaya.

Foto: Republika/Farah Noersativa
Co-Founder Tokopedia umumkan pihaknya telah akuisisi Bridestory dan Parentstory

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Co-Founder dan CEO Tokopedia William Tanuwijaya menyebut pihaknya saat ini tengah berupaya menjalin komunikasi dengan berbagai perusahaan yang memiliki inovasi dan produk yang baru, sesuai dengan ekosistemnya. William pun mengumumkan Tokopedia telah mengakuisisi Bridestory dan Parentstory. 

"Hal yang bisa saya konfirmasi hari ini, Bridestory dan Parentstory diakuisisi penuh oleh Tokopedia," tutur William di Tokopedia Tower Jakarta Selatan, Rabu (19/6).

Baca Juga

Menurutnya ini merupakan wujud Tokopedia dalam mengembangkan perusahaan-perusahaan yang berbasis di luar jaringan atau offline. Tokopedia, kata dia, akan lebih banyak membantu bisnis Indonesia menjadi niaga elektronik.

"Bayangkan, nanti perusahaan make up artist, fotografer, hotel, restoran, mereka kni seakan-akan menjadi perusahaan teknologi. Ini akan menjadi ekosistem Bridestory dan Parentstory," kata William.

Parentstory merupakan perusahaan yang dikembangkan di bawah Bridestory. Parentstory merupakan perusahaan yang  menawarkan berbagai aktivitas untuk anak berdasarkan usia. Keduanya, kata dia, nantinya akan berkembang dalam ekosistem Tokopedia.

Setelah diakuisisi, Bridestory masih akan menjadi perusahaan yang independen. Perusahaan vendor pernikahan itu akan terus menjadi wedding portal.

Hal ini yang kemudian dinilai strategis bagi Tokopedia. Skema demikian dinilai sama dengan Google yang mengakuisisi Youtube yang sampai saat ini juga masih berdiri sebagai perusahaan independen.

Meskipun demikian, dia tak memberikan penjelasan mengenai berapa nilai akuisisi tersebut. Founder Bridestory juga akan bergabung di jajaran direksi Tokopedia. "Pendiri dan CEO-nya, Kevin Mintaraga, juga akan bergabung penuh di jajaran manajemen Tokopedia sebagai salah satu Vice President," jelas William.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA