Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

TinyApp Hubungkan Guru dan Orang Tua dalam Mendidik Anak

Sabtu 11 May 2019 06:00 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z./ Red: Christiyaningsih

Balita perempuan berbaris (Ilustrasi)

Balita perempuan berbaris (Ilustrasi)

Foto: CORBIS
Peran orang tua dan guru sangat vital dalam mendidik anak usia pra sekolah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertumbuhan anak pada usia dua hingga enam tahun adalah pertumbuhan yang sangat krusial. Demi pertumbuhan anak yang optimal, peran orang tua dan orang yang mengasuhnya sehari-hari sangat vital. Dalam hal termasuk guru pra sekolah atau PAUD.

Di era kecanggihan teknologi saat ini, koneksi antara orang tua dan guru pun makin mudah. Salah satunya melalui aplikasi tumbuh kembang anak yang bernama TinyApp. CEO dan founder TinyApp Taina Mikkola mengatakan aplikasi ini dapat memberikan koneksi realtime dan sistematis antara orang tua dan guru.

“Lewat aplikasi ini, guru dapat secara periodik memberikan informasi terkait hal apa saja yang telah dipelajari sang anak dalam masa pra sekolah. Orang tua pun dapat menginformasikan apa saja kegemaran anak yang kerap dilakukan di rumah,” kata Taina di Jakarta belum lama ini.

Dengan adanya koneksi itu, maka diharapkan anak bisa mendapat pengasuhan yang linear baik di sekolah maupun di rumah. Dengan demikian potensi anak pun dapat dikembangkan dengan optimal.

Aplikasi yang dikembangkan di Finlandia ini disebut juga sebagai pedagogical assistant. Beberapa fitur utama dari aplikasi ini di antaranya adalah dokumen harian, rencana dan evaluasi, serta daftar hadir.

Saat ini, TinyApp hanya dapat digunakan di sekolah yang telah bekerja sama. Di Indonesia, satu-satunya pra sekolah yang telah melakukan kerja sama itu adalah Kidventure Academy di Kensington Royal Suites, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

CEO Kidventure Academy, Yuli Gunawan, mengatakan TinyApp sengaja dihadirkan demi memberikan kemudahan baik bagi orang tua maupun guru memberikan pendidikan terbaik bagi anak. “Hal ini sejalan dengan tujuan kehadiran Kidventure Academy dalam menghadirkan pendidikan terbaik di Indonesia,” kata Yuli.

Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah. Orang tua cukup mengunduh aplikasi kemudian memasukan data diri anak. Informasi itu akan disambungkan dengan database yang ada di Kidventure Academy. Setelah itu, orang tua dapat langsung mengetahui beragam informasi personal terkait perkembangan anak.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA