Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Trik Mudah Manfaatkan Whatsapp

Senin 04 Mar 2019 13:23 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Ani Nursalikah

Pesan Whatsapp. Ilustrasi

Pesan Whatsapp. Ilustrasi

Foto: Express
Selama bertahun-tahun, Whatsapp terus melakukan inovasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satu dekade lalu pada 24 Februari, dua mantan karyawan Yahoo, Jan Koum dan Brian Acton, meluncurkan aplikasi pengiriman pesan yang disebut Whatsapp. Pada dasarnya, Whatsapp dirancang untuk mengirim pemberitahuan kepada teman.

Namun, Whatsapp terus berkembang menjadi aplikasi pesan instan yang dengan cepat menggeser Blackberry Messenger dan pesan teks. Sekarang, Whatsapp telah menjadi bagian tak ternilai bagi 1,5 miliar orang di 180 negara.

Selama bertahun-tahun, Whatsapp terus melakukan inovasi. Salah satunya dengan menambahkan banyak fitur, termasuk panggilan video, obrolan grup, dan pengirim pesan yang paling banyak digunakan di dunia. Untuk memperingati perjalanan panjang Whatsapp, dilansir Malay Mail, berikut beberapa fitur yang dapat memudahkan penggunaan Whatsapp.

Cari tahu kapan pesan Anda dibaca

Baca Juga

Ya, tidak ada yang lebih menjengkelkan daripada menunggu jawaban untuk pesan teks Anda selama beberapa jam, terutama jika orang tersebut telah menonaktifkan fitur centang biru. Namun, ada cara praktis untuk mengetahui kapan pesan Anda benar-benar dibaca dan berapa lama diabaikan.

Di Android, cukup tahan pesan yang Anda kirim dan pilih info. Sedangkan, di IOS, geser ke kiri pada pesan dan itu akan menunjukkan waktu pembacaannya.

Tandai pesan penting

Anda tidak perlu menelusuri ratusan pesan untuk menemukan waktu janji temu atau info tertentu yang dikirimkan beberapa hari yang lalu. Anda dapat menandainya menjadi pesan berbintang.

Bagaimana caranya? Tekan dan tahan pesannya lalu pilih pesan berbintang.

Untuk melihat pesan berbintang di Android, Anda bisa memilih tombol menu lalu buka bagian pesan berbintang. Sedangkan, pengguna IOS dapat memilih tab bintang di sepanjang bagian bawah layar Anda.

Membuat kata-kata dengan huruf tebal, miring, atau dicoret

Untuk memberi Anda sprint penekanan tipografi, Whatsapp memungkinkan Anda menyesuaikan teks Anda dengan efek yang berani, miring, dan dicoret. Untuk mencetak teks tebal di Whatsapp, tambahkan tanda bintang di kedua sisi kata dan frasa (*tebal*); cetak miring teks dengan garis bawah di kedua sisi (_miring_) dan buat teks dicoret dengan tanda tildes di kedua sisi kata (~dicoret~).

Sembunyikan gambar profil dari orang tertentu

Jika Anda lebih suka membatasi visibilitas gambar profil Anda hanya untuk orang yang ada di kontak, Whatsapp memungkinkan pengguna memilih apakah semua orang, tidak ada orang, atau hanya kontak Anda yang dapat melihat gambar profil Anda. Bagaimana caranya? Buka pengaturan> akun> privasi> foto profil.

Hentikan gambar dan video masuk ke galeri

Menerima foto dan video di Whatsapp memang luar biasa, tetapi Anda mungkin tidak ingin ruang penyimpanan Anda macet. Di Android, semua media disimpan dalam folder di galeri secara default.

Sedangkan di IOS, itu disimpan ke kamera Anda. Tapi, untungnya Anda bisa mematikannya.

Android: Pengaturan> obrolan> matikan show media di galeri.

IOS: Pengaturan> obrolan> matikan simpan ke rol kamera.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA