Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Melacak Terbacanya Pesan Whatsapp tanpa Centang Biru

Senin 04 Mar 2019 11:10 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda

Pesan Whatsapp. Ilustrasi

Pesan Whatsapp. Ilustrasi

Foto: Express
Meskipun tak ada centang biru, pengguna Whatsapp bisa lacak pesannya telah terbaca.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aplikasi berbagi pesan Whatsapp mencoba terus mengembangkan fitur agar penggunaannya merasa nyaman. Salah fitur yang diberikan adalah cara menghilangkan centang biru ketika pengguna membaca pesan yang masuk.

Ketika fitur tersebut diaktifkan, orang tak akan bisa mendeteksi apakah pesannya sudah terbaca atau belum. Centang biru ini akan tetap berwarna abu-abu ketika fitur ini diaktifkan.

Hal ini sering kali membuat pengguna lain kewalahan karena tidak tahu tentang nasib pesan yang dikirim. Centang biru merupakan pertanda sebuah pesan sudah dibaca oleh penerima pesan.

Baca Juga

photo
Aplikasi berbagi pesan WhatsApp. Ilustrasi

Ada kalanya, menonaktifkan fitur centang biru bermanfaat bagi pengguna yang membutuhkan privasi. Terlebih, ketika mereka tetap mau membaca pesan Whatsapp yang masuk, namun tak bisa segera membalasnya.

Ternyata fitur centang biru non aktif ini masih terdapat celah. Pengirim pesan tetap bisa melihat pesan sudah dibaca dengan kemunculan centang biru dalam pesan suara.

Whatsapp dalam FAQ-nya menyatakan, pengguna aplikasi tidak bisa menghilangkan centang biru yang ada dalam pesan suara. Alhasil, setiap pesan suara yang telah didengar akan mendapat centang biru, meskipun fitur centang biru sudah dinonaktifkan. Pesan yang sebelumnya berwarna centang abu-abu pun akan tampak sudah terbaca.

Hal tersebut pun berlaku untuk pesan di grup. Anggota grup tetap bisa melihat centang biru atas pesan yang dikirimkan meski ada yang tidak mengaktifkan fitur tersebut, atau bahkan ketika pengguna tersebut yang melakukannya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA