Saturday, 6 Rajab 1444 / 28 January 2023

KKP Gandeng Bukalapak Pasarkan Produk Perikanan

Senin 03 Feb 2020 17:40 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Nora Azizah

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan bekerja sama dengan perusahaan marketplace Bukalapak untuk pemasaran produk-produk perikanan secara daring (Foto: ilustrasi aplikasi Bukalapak)

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan bekerja sama dengan perusahaan marketplace Bukalapak untuk pemasaran produk-produk perikanan secara daring (Foto: ilustrasi aplikasi Bukalapak)

Foto: Antara/Aprillio Akbar
Bukalapak akan berperan sebagai fasilitator terhadap nelayan binaan KKP.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan bekerja sama dengan perusahaan marketplace Bukalapak untuk pemasaran produk-produk perikanan secara daring. Hal ini disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo usai menerima kunjungan Co-Founder Bukalapak, Fajrin Rasyid di Kantor KKP, Jakarta, Senin (3/2).

Dalam pertemuan tersebut, Edhy menjelaskan produk yang dihasilkan nelayan maupun pelaku usaha perikanan dan kelautan di Indonesia sangat beragam. Produk dari nelayan tersebut berupa makanan hingga peralatan perikanan berteknologi.

Baca Juga

"Ada kuaci ikan, sambal, bahkan sirup mangrove. Sirup ini berdasarkan uji lab, ternyata baik untuk tubuh karena dapat mencegah penuaan. Ada juga kerajinan dari kulit kerang, mesin pembuat pakan ikan, dan kincir tambak udang," ujar Edhy.

Edhy berharap kerja sama antara kementeriannya dengan Bukalapak segera terealisasi. Ia yakin, penjualan daring dapat mengurangi panjangnya rantai distribusi sehingga pendapatan nelayan dan pelaku usaha semakin tinggi.

Untuk produk makanan, lanjut Edhy, rata-rata sudah memiliki sertifikat dari Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Namun dia tetap memberi keleluasaan kepada Bukalapak dalam menerapkan standar perusahaan terhadap produk perikanan yang nantinya akan dipasarkan.

Sementara itu, Co-Founder Bukalapak Fajrin Rasyid mengatakan kepercayaan masyarakat terhadap belanja daring saat ini semakin tinggi. Ini dibuktikan dengan besarnya transaksi dan produk yang dicari semakin beragam. Bila sebelumnya barang elektronik dan fesyen yang menjadi primadona, kini produk makanan juga ramai dicari konsumen.

"Untuk makanan, salah satunya yang ramai peminat adalah produk perikanan, misalnya empek-empek," ujar Fajrin.

Dalam kerja sama antara KKP dan Bukalapak, Fajrin mengatakan bahwa Bukalapak akan berperan sebagai fasilitator sekaligus memberikan arahan ke nelayan dan pelaku usaha binaan KKP. Dengan demikian produk yang dihasilkan bisa dijual secara daring dan menarik perhatian konsumen.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah ada MoU-nya. Saya optimistis (penjualan produk perikanan) akan semakin besar, dan mudah-mudahan ini bisa dimanfaatkan maksimal oleh stakeholder yang terkait dengan KKP," kata Fajrin.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA