Kamis, 3 Rajab 1441 / 27 Februari 2020

Kamis, 3 Rajab 1441 / 27 Februari 2020

5G Bukan Kejutan Terbesar dari Samsung Galaxy S20

Jumat 14 Feb 2020 17:32 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Samsung belum lama ini memperkenalkan seri ponsel pintar terbarunya Galaxy S20 yang dilengkapi dengan kapabilitas 5G (Foto: Samsung Galaxy S20)

Samsung belum lama ini memperkenalkan seri ponsel pintar terbarunya Galaxy S20 yang dilengkapi dengan kapabilitas 5G (Foto: Samsung Galaxy S20)

Foto: Youtube
5G bukanlah fitur terbesar yang akan dimiliki oleh seri Galaxy S20.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Samsung belum lama ini memperkenalkan seri ponsel pintar terbarunya Galaxy S20 yang dilengkapi dengan kapabilitas 5G. Menariknya, 5G bukanlah fitur terbesar yang akan dimiliki oleh seri Galaxy S20.

Seri Galaxy S20 hadir dalam tiga tipe yaitu tipe S20, S20 Plus dan S20 Ultra. Semua fitur yang ada pada seri Galaxy S20 ini sebenarnya serupa dengan model Galaxy S10 saat ini. Akan tetapi pada seri Galaxy S20, seluruh fitur tersebut hadir dalam bentuk yang jauh lebih canggih.

Sebagai contoh, Galaxy S20 memiliki layar yang lebih baik, baterai yang lebih besar dan processor yang lebih kuat. Tak hanya itu, kualitas kamera Galaxy S20 juga jauh lebih baik dibandingkan Galaxy S10.

Kualitas kamera pada Galaxy S20 merupakan 'kejutan' yang lebih besar dibandingkan fitur 5G. Jelas terlihat bahwa Samsung mengerahkan seluruh kemampuan untuk menghadirkan kamera berkualitas tinggi pada Galaxy S20.

Lebih jauh, tiga fitur paling menarik yang bisa ditemukan pada seri Galaxy S20. Berikut ini adalah ketiga fitur tersebut seperti dilansir melalui Inc, Jumat (14/2).

Baca Juga

 

Kamera
Seri Galaxy S20 menjadi sebuah pembuktian bahwa Samsung mampu menghadirkan kualitas kamera yang dapat bersaing dengan kamera iPhone 11 Pro atau Google Pixel 4. Pada Galaxy S20 dan S20 Plus misalnya, terdapat kamera wide dan ultra wide sebesar 12 MP.

Selain itu, tipe S20 dan S20 Plus juga dilengkapi kamera telefoto sebesar 64 MP. Telefoto beresolusi tinggi ini memungkinkan kamera pada tipe S20 dan S20 Plus memperbesar gambar hingga 30 kali. Kemampuan ini disebut oleh Samsung sebagai Super Res Zoom.

Tipe S20 Ultra bahkan memiliki performa kamera yang jauh lebih canggih. Ponsel pintar ini dilengkapi dengan lensa wide-angle sebesar 108 MP dan kamera telefoto sebesar 48 MP. Fitur ini memungkinkan tipe S20 Ultra untuk melakukan Super Rex Zoom hingga 100 kali.

Tak sampai di situ, tipe S20 Ultra juga memiliki kamera swafoto sebesar 40 MP. Seri Galaxy S20 juga mampu untuk merekam video dengan resolusi 8K.

Yang menarik, posisi kamera swafoto pada seri Galaxy S20 tidak lagi terletak di sisi kanan atas ponsel. Desain sero Galaxy S20 menempatkan posisi kamera swafoto tepat di bagian tengah atas ponsel.

Tampilan
Tiap model seri Galaxy S20 memiliki refresh rate sebesar 120 Hz. Artinya, seri ponsel pintar ini memiliki kemampuan untuk melakukan refresh tampilan layar sebanyak 10 kali per detik. Kemampuan ini membuat seri Galaxy S20 bisa menampikan animasi atau pengalaman scroll yang lebih halus dibandingkan ponsel dengan tampilan atau display sebesar 60 Hz. Seri Galaxy S20 juga memberi kebebasan pada pengguna untuk bisa mengganti-ganti refresh rate ponsel mereka di angka 60 Hz atau 120 Hz.

5G
Pada satu titik, 5G merupakan sesuatu yang selalu dinanti sekaligus sesuatu yang belum terasa benar-benar nyata. Akan tetapi, tahun ini tampaknya akan menjadi saat di mana 5G akan mulai terasa nyata. Dan kehadiran Galaxy S20 merupakan salah satu alasan besarnya.

Tidak semua 5G diciptakan sama rata untuk seri ini. Secara umum ada dua macam 5G yang dihadirkan seri Galaxy S20, yaitu jenis yang cepat dan jenis yang sangat cepat.

Tipe S20 tidak memiliki jenis 5G yang sangat cepat atau dikenal sebagai milimeter-wave technology. Akan tetapi, seri terbaru ini menggunakan sub-6GHz. Fitur ini memungkinkan Galaxy S20 mengakses internet dengan cepat, namun tidak secepat 1 GB per detik. Kecepatan 1 GB per detik bisa didapatkan melalui tipe S20 Plus atau S20 Ultra.

Terlepas dari itu, ketiga tipe ini tetap akan memberikan pengalaman berinternet yang lebih cepat. Berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari ketiga tipe ponsel pintar seri Galaxy S20 yang kini mulai bisa dipesan secara preorder pada 21 Februari mendatang.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA