Kamis, 3 Rajab 1441 / 27 Februari 2020

Kamis, 3 Rajab 1441 / 27 Februari 2020

Aplikasi Qurma Hasilkan Lapangan Kerja Melalui 50 Masjid

Jumat 14 Feb 2020 04:00 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Diskusi aplikasi qurma.

Diskusi aplikasi qurma.

Foto: Dok. Ist
Masjid Corner oleh Qurma telah hadir di delapan kota.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1441 H, Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan aplikasi Qurma (http://qurma.id) menghadirkan 50 unit Masjid Corner di wilayah  kota administrasi Jakarta Barat. Ini merupakan program tahap awal untuk periode Februari - Maret 2020.

 

Dengan tema “Kebangkitan Ekonomi Umat dari Masjid”, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan umat melalui Masjid Corner. Selain itu, juga memberdayakan perekonomian umat berbasis masjid dan wisata religi. Selain di Jakarta, Masjid Corner oleh Qurma sebelumnya telah hadir di Kota Banda Aceh, Medan, Makassar, Surabaya, Bojonegoro, dan Bandung. 

 

“Kami mengundang saudara-saudara muslim yang berdomisili di delapan kota ini untuk bersama-sama mengisi persiapan bulan Ramadhan dengan menghadiri Masjid Corner ini bukan hanya untuk merayakan bulan puasa, namun juga untuk meningkatkan literasi dan kemampuan ekonomi masyarakat agar dapat menjadi wirausaha berbasis masjid,” kata Founder Aplikasi Qurma, Hanno Arief Wirawan di Jakarta, Kamis (13/2).

 

Aplikasi Qurma juga menghadirkan berbagai pembicara serta tokoh masyarakat yang telah menjadi kontributor. Mereka dapat mendiskusikan perkembangan ekonomi syariah dan modern serta bagaimana kita dapat berperan di dalamnya.

 

Penyelenggaraan Masjid Corner diinisiasi sepenuhnya oleh Qurma tanpa mengambil investasi atau dana milik masjid. Kendati demikian seluruh keuntungan hasil operasional akan diberikan kepada pihak DKM/Masjid Corner.

 

Selain Hanno, Peresmian Masjid Corner di wilayah kota administrasi Jakara Barat juga turut dihadiri oleh Ketua DMI wilayah Kota administrasi Jakarta Barat yang baru terpilih untuk periode 2020 – 2024 Ust. Zainal Arifin, M.Ag.

 

Aplikasi Qurma, kata Hanno, dirancang khusus sebagai One Stop Muslim Ecosystem yakni sebuah platform informasi ibadah untuk umat muslim dalam mempelajari serta menjalani ibadah islam dalam kehidupan sehari-hari. Dia memaparkan, Qurma memiliki fitur ibadah harian seperti Al-Quran, jadwal shalat beserta notifikasi adzan, arah kiblat, tasbih digital, kalender hijrah, inspirasi harian, asmaul husna hinhha do’a-do’a harian. Selain itu Qurma juga memiliki konten berupa artikel dan jadwal acara dari kontributor ternama serta komunitas Islam.

 

“Kami berharap, aplikasi Qurma mendapatkan sambutan dan dukungan yang baik karena mengutamakan prinsip syariah yang sesuai dengan nilai-nilai ke-Islam-an,” ujar Hanno.

 

Hanno menjelaskan, Masjid Corner merupakan fasilitas baru berupa titik kumpul di dalam masjid yang dapat memberdayakan ekonomi sekitar. Kehadirannya ditujukan agar masjid-masjid yang ada di Indonesia tidak hanya menjadi tempat beribadah, juga menjadi tempat bagi masyarakat untuk bertemu, berkumpul dan menjalankan usaha. Masjid Corner akan dilengkapi dengan fasilitas kedai minuman, akses internet gratis, pembayaran zakat, layanan pinjaman syariah, hingga penyaluran bantuan sosial.

 

"Qurma akan memperluas kegiatan Masjid Corner di 1.000 masjid yang tersebar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) serta melangsungkan kegiatan Masjid Corner untuk memberdayakan ekonomi umat disepanjang tahun," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA