Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Penampakan Angkasa dari Jika Dilihat dari Mars

Jumat 07 Feb 2020 18:13 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Dwi Murdaningsih

Ilmuwan menangkap gambar penangkapan angkasa yang didapat jika melihat dari Planet Mars.

Ilmuwan menangkap gambar penangkapan angkasa yang didapat jika melihat dari Planet Mars.

Foto: space.com
Ilmuwan menangkap gambar menggunakan instrumen InSight NASA.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Ilmuwan menangkap gambar penangkapan angkasa yang didapat jika melihat dari Planet Mars. Para ilmuwan menggunakan gambar yang ditangkap oleh perlalatan  InSight NASA untuk mengamati dan mencari meteor dari Mars.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan melalui alat tersebut menunjukan bahwa banyak bintang-bintang yang dapat dilihat melalui Mars. Seperti dilansir laman Spance, Jumat (7/2) diantara ribuan gambar bintang yang ditangkap itu, ada segores cahaya yang menunjukan keberadaan sebuah meteor.

Baca Juga

Garis tersebut bersama dengan garis lainnya yang mengisi langit. Uniknya, gambar tersebut sekaan menunjukan dunia yang berbeda jika melihat angkasa melalui Mars. Terlihat perbedaan yang mencolok kalau melihat angkasa dari Bumi dan Mars.

"Pada dasarnya, dalam gambar yang kami miliki sejauh ini, ada sangat sedikit konten yang benar-benar akan dilihat oleh mata," kata pemimpin proyek pengamatan meteor Mark Lemmon.

Lemmon merupakan seorang ilmuwan dari Institut Ilmu Pengetahuan Angkasa. Dia mengatakan, gambar yang berasal dari perangkat itu merupakan salah satu dari dua yang bertengger di pendaratan InSight.

Kamera itu dimasukkan untuk membantu para ilmuwan memahami lingkungan tempat pesawat ruang angkasa dengan mengerahkan dua instrumen utamanya. Salah satu instrumen itu adalah seismometer yang merupakan alasan pencarian meteor.

Instrumen ini disetel untuk merasakan gelombang menggigil melintasi Mars. Ilmuwan kemudian dapat mengurai data itu untuk memahami struktur interior dan aktivitas Mars.

Gelombang-gelombang itu bisa ditimbulkan oleh marsquake, ekuivalen Mars dari gempa bumi. Tetapi mereka juga bisa terjadi ketika meteorit membanting ke permukaan planet.

Oleh karena itu, minat para ilmuwan pada meteor adalah perhitungan seberapa sering dampak seperti itu terjadi di Mars akan membantu para peneliti menginterpretasikan data seismometer.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA