Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Cina Rilis Foto Sisi Lain Bulan

Kamis 23 Jan 2020 19:11 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Cina baru saja merilis serangkaian foto-foto sisi jauh bulan yang tak pernah menghadap ke bumi.

Cina baru saja merilis serangkaian foto-foto sisi jauh bulan yang tak pernah menghadap ke bumi.

Foto: space
Robot milik Cina bernama Chang'e-4 mengambil foto sisi lain bulan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cina baru saja merilis serangkaian foto-foto sisi jauh bulan yang tak pernah menghadap ke bumi. Foto-foto terbaru bulan ini diambil oleh robot milik Cina bernama Chang'e-4 yang sudah lama 'tinggal' di bulan.

Cina memiliki dua robot yang ditempatkan di bulan yaitu lander Chang'e-4 dan rover Yutu-2. Keduanya kembali 'bangun' dan bekerja untuk menangkap foto di area sisi jauh bulan pada 18-19 Januari. Foto-foto ini lalu dirilis pada Senin (20/1).

Foto-foto yang dirilis merupakan gambar bulan dengan desolusi tinggi yang diambil dari kamera Chang'e-4. Selain itu ada pula foto-foto beresolusi tinggi gang diambil dari kamera panoramik Yutu-2.

Sekitar satu tahun lalu, Chang'e-4 berhasil melakukan pendaratan bersejarah di Kawah Von Karman, bulan. Kawah ini terletak di dalam lembah South Pole-Aitken. Seluruh foto-foto terbaru yang dirilis Cina merangkum satu tahun eksplorasi Chang'e-4 di sisi bulan yang belum pernah dieksplorasi.

China Lunar Exploration Program telah mempublikasikan data berisi foto-foto bulan beresolusi tinggi ini secara daring di situs milik Cina yang dikhususkan untuk memuat berbagai informasi seputar misi bulan.

Ketua tim Engineer kamera untuk Curiosity Mars Rover si Jet Propulsion Laboratory NASA Doug Ellison telah mengunduh data-data tersebut dan membagikan prosesnya melalui kicauan di Twitter. Ellison juga turut memproses foto-foto tersebut, salah satunya dengan menautkan beberapa foto untuk menghasilkan gambar yang lebih besar, bersamaan dengan panorama silinder dan azimuth.

Foto-foto yang telah diproses Ellison juga dibagikan kepada publik secara daring. Di antara foto-foto tersebut yang ditampilkan terdapat foto yang menampilkan kawah-kawah hingga permukaan bulan dari dekat, pemandangan langit dari bulan hingga foto-foto lander dan rover milik Cina.

Cartographer dari Centre for Planetary Science and Exploration di Western University Philip Stooke turut mengolah data yang didapatkan Cina untuk memperhalus peta bagan yang menunjukkan rute-rute tang dilewati oleh Yutu-2. Dari sini diketahui bahwa selama 13 hari waktu bulan, Yutu-2 telah berjalan sejauh 357 meter.

Cina sedang mempersiapkan peluncuran Chang'e-5 dengan roket Long March 5. Tujuan pengiriman lander ini bertujuan untuk mengumpulkan dan membawa pulang sampel dari bulan. Ini merupakan misi pengumpulan sampel bulan pertama sejak misi Luna 24 yang dilakukan Uni Soviet pada1976.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA