Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

50 Makam Budak Era Romawi Ditemukan di Inggris

Ahad 19 Jan 2020 13:37 WIB

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Dwi Murdaningsih

ara arkeolog telah menemukan lokasi 50 kuburan pekerja, yang diperbudak di villa elit romawi sekitar dua ribu tahun yang lalu.

ara arkeolog telah menemukan lokasi 50 kuburan pekerja, yang diperbudak di villa elit romawi sekitar dua ribu tahun yang lalu.

Foto: livescience
Kuburan ini menunjukkan praktik awal pemakaman khas Romawi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Para arkeolog telah menemukan lokasi 50 kuburan pekerja, yang diperbudak di villa elit romawi sekitar dua ribu tahun yang lalu. Kuburan tersebut ditemukan di Inggris Selatan.

Berdasarkan keterangan, pemakaman tersebut berasal dari periode Romawi di Britania Raya sejak 43 M hingga 410 M. Bukan hanya kerangka, orang yang dimakamkan di lokasi yang tepatnya di Somerset itu juga dimakamkan dengan barang-barang seperti tembikar dan bros.

"Ini relatif jarang untuk menggali jumlah penguburan Romawi di wilayah kami, tetapi khususnya, dalam hal ini, kami sangat yakin bahwa semua penguburan adalah orang-orang yang bekerja di perkebunan villa Romawi," kata Pengawas penggalian arkeologis Steve Membery, seperti dilansir livescience, Ahad (19/1).

Dia menambahkan, kemungkinan beberapa dari mereka adalah pelayan rumah tangga, pekerja pertanian dan budak yang menjadi mayoritas. Menurut dia, kemungkinan para buruh itu tak dibayar untuk pekerjaan yang dilakukakannya.

Oleh sebab itu, dengan adanya berbagai latar belakang, pihaknya menganggap penemuan tersebut menjadi kesempatan langka untuk mempelajari sampel komunitas. Dari berbagai penemuan, para arkeolog juga menemukan paku-paku kecil di kaki penguburan. Berdasarkan keterangan, hal itu menunjukkan bahwa banyak orang yang dibaringkan di sepatu bot kulit.

"Pemakaman juga menunjukkan adopsi awal dari praktik pemakaman Romawi, seperti persembahan, di samping karakteristik Zaman Besi secara tradisional," kata Membery.

Selama penggalian, para peneliti dari Wessex Archaeology juga menemukan sejumlah harta, termasuk pot yang diletakkan di sebelah kepala sebagian besar almarhum. Menurut Membery pot-pot ini dimungkinkan merupakan sebuah persembahan.

Selain itu, tim juga menemukan koin dengan rupa Kaisar Romawi Vespasianus (yang memerintah dari tahun 69 hingga 79 M). Tulang pahatan di dalamnya kemungkinan merupakan bagian dari pegangan pisau dan bobot timah yang tidak biasa yang juga dimungkinkan alat survei yang disebut groma,atau sesuatu yang mirip dengan sextant.

"Situs ini adalah penemuan penggalian modern pemakaman Romawi modern di Somerset," kata Membery.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA