Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

KPM Kembali Gelar Pelatihan Matematika Nalaria Realistik

Sabtu 18 Jan 2020 17:40 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Klinik Pendidikan MIPA (KPM) kembali menggelar Pelatihan Matematika Nalaria Realistik (MNR) pada 14-17 Januari 2020. Tercatat pada tahun 2019, Pelatihan 4 hari 3 malam ini sudah diikuti sebanyak 108 peserta yang berasal dari kalangan guru, akademisi, dan mahasiswa/I.

Klinik Pendidikan MIPA (KPM) kembali menggelar Pelatihan Matematika Nalaria Realistik (MNR) pada 14-17 Januari 2020. Tercatat pada tahun 2019, Pelatihan 4 hari 3 malam ini sudah diikuti sebanyak 108 peserta yang berasal dari kalangan guru, akademisi, dan mahasiswa/I.

Foto: Klinik Pendidikan Mipa
Tercatat Pelatihan Matematika Nalaria Realistik telah diikuti 108 peserta

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Klinik Pendidikan MIPA (KPM) kembali menggelar Pelatihan Matematika Nalaria Realistik (MNR) pada 14-17 Januari 2020. Tercatat pada tahun 2019, Pelatihan 4 hari 3 malam ini sudah diikuti sebanyak 108 peserta yang berasal dari kalangan guru, akademisi, dan mahasiswa/I.

Baca Juga

Dikutip dari laman www.kpmseikhlasnya.com Matematika Nalaria Realistik (MNR) merupakan suatu terobosan dalam pembelajaran Matematika. MNR lebih menekankan penggunaan nalar dalam memahami Matematika, sehingga pembelajaran ini berbeda dengan pembelajaran Matematika di sekolah. Dengan MNR, siswa diajarkan untuk menganalisis masalah, menarik kesimpulan dan menyelesaikan masalah dengan berbagai metode pemecahan masalah yang berlogika.

Ghita Intan Prameswari selaku peserta mengaku telah menantikan untuk dapat mengikuti pelatihan MNR. “Sudah sejak lama ingin ikut karena tertarik dan penasaran tentang metode MNR dan strategi memberikan pembelajaran yang menyenangkan kepada siswa” kata Ghita.

Guru Matematika MTs Sirojul Munir Bogor ini bersyukur dapat menjadi bagian dari pelatihan MNR. “Jarang sekali lembaga pendidikan yang menerapkan sistem bayaran seikhlasnya, namun tetap menyajikan materi berkualitas. Semoga ilmu ini menjadi bekal saya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah,” ungkap Ghita.

Senada dengan Ghita, Sudirman, guru SMPN 6 Makassar ini tergugah untuk mengkaji lebih jauh tentang MNR dan Suprarasional setelah membaca buku karya Ridwan Hasan Saputra yang berjudul Cara Berpikir Suprarasional. “Buku Cara Berpikir Suprarasional membuat saya tersadar ternyata ada model pembelajaran dan pesan kehidupan yang luar biasa. “Alhamdulillah pelatihan ini sangat bermanfaat sebagai bekal saya sebagai seorang guru dalam mendidik anak-anak,” pungkasnya.

Seperti diketahui, KPM memang kerap kali menggelar program pelatihan. Dalam prosesnya, pelatihan yang digagas KPM tidak hanya dikhususkan untuk guru saja, namun juga pelatihan olimpiade bagi siswa hingga pelatihan motivasi suprarasional bagi pekerja non formal.

Berikut agenda pelatihan yang akan diselenggarakan KPM mulai bulan Januari hingga Maret 2020 di antaranya, Pelatihan Sains Nalaria Realistik (SNR), Pelatihan Olimpiade IPA Tingkat Sekolah Dasar, Pelatihan Olimpiade Guru Matematika, Pelatihan Olimpiade Guru IPA, dan Pelatihan Olimpiade Matematika bagi siswa. Cara proses pendaftaran dapat menghubungi Tim Pelatihan KPM (narahubung 0812 9943 9363 atau 0812 8188 2562).

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA