Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Mengapa Sarang Tawon Vespa Affinis Harus Disingkirkan?

Jumat 17 Jan 2020 08:43 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Petugas damkar mengevakuasi sarang tawon dari sebuah rumah warga. Tawon Vespa affinis sengatannya dapat membahayakan nyawa manusia.

Petugas damkar mengevakuasi sarang tawon dari sebuah rumah warga. Tawon Vespa affinis sengatannya dapat membahayakan nyawa manusia.

Foto: Dok Damkar Tasikmalaya
Tiap hari, Damkar Garut menerima sampai tiga permintaan menyingkirkan sarang tawon.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Garut, Jawa Barat, mengevakuasi sarang tawon di beberapa lokasi kawasan permukiman penduduk. Keberadaan sarang tawon tersebut dianggap membahayakan jiwa manusia.

"Dalam sehari, tim rescue dapat mengevakuasi dua sampai dengan tiga sarang tawon," kata Kepala Seksi Non Kebakaran, Dadan Wandi kepada wartawan di Garut, Kamis.

Dadan menuturkan, petugas terakhir menerima permintaan evakuasi sarang tawon dari permukiman penduduk Kelurahan Muara Sanding, Kecamatan Garut Kota. Sarang itu merupakan rumah bagi tawon jenis Vespa affinis yang berbahaya apabila menyengat manusia.

"Tawon Vespa affinis atau tawon endas ini meresahkan warga karena efeknya tidak seperti disengat tawon biasa, namun beracun," katanya.

Dadan menjelaskan, tawon tersebut memiliki ciri tubuh yang mudah dikenali. Ukuran badannya cukup besar dan panjang sekitar 3 cm dengan tubuh berwarna hitam dan belang berwarna kuning atau oranye di bagian perut.

Tawon tersebut, menurut Dadan, bukan tawon madu. Vespa affinis merupakan tawon predator yang memiliki kemampuan untuk memasukkan racun ke tubuh manusia dengan besaran dosis racun tergantung banyaknya sengatan.

"Dosis kecil jika satu-dua tawon yang menyengat, dosis tinggi jika tawon yang menyengat berjumlah banyak," katanya.

Baca Juga

Dadan mengungkapkan, setiap ada panggilan evakuasi sarang tawon, pihaknya menerjunkan enam personel berpengalaman dan satu unit kendaraan rescue.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA