Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Indonesia Raih Prestasi di Olimpiade Matematika CFM 2019

Rabu 15 Jan 2020 19:50 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Indonesia raih 3 emas, 18 perak dan 40 perunggu dalam CFM 2019 yang diikuti 5 negara

Indonesia raih 3 emas, 18 perak dan 40 perunggu dalam CFM 2019 yang diikuti 5 negara

Foto: KPM
Indonesia raih 3 emas, 18 perak dan 40 perunggu dalam CFM 2019 yang diikuti 5 negara

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Siswa Indonesia kembali meraih prestasi membanggakan di ajang internasional. Kali ini, Indonesia meraih prestasi 3 medali emas, 18 medali perak, dan 40 medali perunggu dari perhelatan Challenge For Future Mathematicians (CFM) yang diselenggarakan pada tanggal 27-30 Desember 2019, bertempat di Sentul-Bogor, Jawa Barat.

Tahun 2019 ini Challenge For Future Mathematicians (CFM) diikuti 174 peserta dari 5 negara, di antaranya: Vietnam, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Indonesia. Pada pelaksanaan kompetisi, terbagi dalam tiga kategori, yakni Individual Contest, Team Contest, dan Puzzle Contest.

Peraih Medali Emas, Raden Surawisesa Ridwan Saputra atau yang kerap disapa Allam mengaku senang dengan hasil yang diraih. “Alhamdulillah, senang dan bersyukur meraih meraih medali emas,” ungkapnya. Awalnya Allah tak menduga, namun Ia merasa ikhtiar yang dilakukan kini berbuah manis.

“Sebelum lomba, saya terus latihan soal, apalagi sebelumnya pernah menjadi tim IMSO KPM. Minimal  dalam sehari saya mengerjakan 40 soal (1 bab),” tuturnya. Selain aktivitas belajar, pelajar SD Insan Kamil Bogor ini menyempurkan ikhtiarnya dengan aktivitas ibadah sunah, salah satunya ibadah Salat Duha.

Selain Allam, Joshia Edward Gamaliel, peraih medali perak mengaku gugup dengan soal-soal yang disajikan CFM. “Meskipun cukup menantang, namun bagaimanapun saya tetap berusaha semaksimal mungkin agar dapat mengharumkan nama Indonesia,” ujar pelajar SDK Kalam Kudus Pontianak ini.

“CFM adalah sebuah lomba yang memang disiapkan untuk para pemula yang belum mendapatkan pengalaman kompetisi di bidang Matematika internasional. Hadirnya CFM di Indonesia diharapkan dapat membangkitkan semangat anak-anak untuk mencintai Matematika,” kata presiden Direktur KPM, Ridwan Hasan Saputra (RHS).

Di samping itu,event Challenge For Future Mathematicians (CFM) diharapkan dapat menjadi wadah untuk menambah pengalaman berkompetisi, bertemu teman baru, dan mengasah kemampuan ilmu Matematika serta membangkitkan semangat anak-anak agar menyenangi mata pelajaran Matematika.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA