Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

KPM Bangkitkan Semangat Bermatematika lewat Olimpiade CFM

Rabu 15 Jan 2020 19:15 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

KPM menjadi tuan rumah perhelatan internasional Challenge for Future Mathematicians 2019

KPM menjadi tuan rumah perhelatan internasional Challenge for Future Mathematicians 2019

Foto: KPM
KPM menjadi tuan rumah perhelatan internasional Challenge for Future Mathematicians

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Klinik Pendidikan MIPA (KPM) kembali dipercaya menjadi tuan rumah perhelatan internasional yang bertajuk Challenge For Future Mathematicians (CFM) 2019. Acara yang diselenggarakan pada tanggal 27-30 Desember 2019, berlokasi di Griya Dharma Wulan, Sentul, Bogor dan diikuti 174 peserta dari 5 negara, yakni Vietnam, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Indonesia.

Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA (KPM), Ridwan Hasan Saputra (RHS) mengatakan bahwa tujuan diadakannya Challenge For Future Mathematicians (CFM) adalah menjadi wadah untuk menambah pengalaman berkompetisi, bertemu teman baru, dan mengasah kemampuan ilmu Matematika serta membangkitkan semangat anak-anak agar menyenangi mata pelajaran Matematika.

“CFM adalah sebuah lomba yang memang disiapkan untuk para pemula yang belum mendapatkan pengalaman kompetisi di bidang Matematika internasional. Hadirnya CFM di Indonesia diharapkan dapat membangkitkan semangat anak-anak untuk mencintai Matematika,” kata RHS.

RHS menambahkan, peserta CFM berasal dari negara yang sudah bermitra baik dengan KPM. Oleh karena itu, peraih Anugerah Peduli Pendidikan, Kemendikbud Tahun 2014 ini  menaruh harapan agar para peserta mendapatkan teman baru dari luar negeri sebanyak-banyaknya. Selain itu, bekal yang sudah didapat, nantinya dapat diimplementasikan untuk membangun relasi dan kerja sama di masa depan.

Pada kompetisi CFM ini, tiap peserta ditantang mengikuti tiga kategori lomba, yaitu Individual Contest, Team Contest, dan Puzzle Contest. Ada pemandangan berbeda kala memasuki babak Puzzle Contest (permainan eksplorasi), yakni hadirnya permainan kartu BARENA (Bang Read1 Napier) sebagai tantangan eksplorasi bagi para peserta. Permainan yang digagas oleh Ridwan Hasan Saputra ini semakin menambah cair suasana ditengah ketatnya persaingan antar peserta di ajang kompetisi CFM 2019.

Kiprah Klinik Pendidikan MIPA (KPM) menggelar CFM bukan kali ini saja. Tercatat, pada tahun 2014 dan tahun 2018 KPM sudah melaksanakan event serupa.

Selain itu, KPM juga tengah bersiap untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan kompetisi internasional, yaitu Indonesia International Mathematics Competition (IIMC) yang akan dihadiri lebih dari 30 negara peserta pada bulan Juli 2020 mendatang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA