Senin 13 Jan 2020 13:31 WIB

Emil Bangga JK Raih Gelar Doctor Honoris Causa di ITB

Teori JK dalam engineering bisa mengifisienkan proses menjadi lebih cepat lebih murah

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Andi Nur Aminah
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Foto: Bayu Adji / Republika
Gubernur Jabar Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengucapkan selamat kepada mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) yang mendapatkan gelar doctor honoris causa dari ITB. Menurutnya, ia sangat bangga karena teori JK dalam engineering bisa mengifisienkan proses menjadi lebih cepat lebih murah.

"Dan tidak sesederhana dalam prakteknya beliau bisa membangun bandara lebih murah, membuat mobil panser 50 persen lebih murah membantu pembangkit listrik tenaga air tanpa tenaga asing, membangun bandara-bandara baru," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil saat menghadiri acara Pemberian Gelar Doctor Honoris Causa dari ITB pada mantan Wapres JK, di Aula Barat ITB, Senin (13/1).

Baca Juga

Menurut Emil, semua sudah banyak teorinya di akademik tapi yang mempraktekkan JK. Bagi dirinya, JK adalah teladan karena pebisnis, politisi juga birokrat bergabung dalam satu individu yang mampu memberikan perubahan yang luar biasa.

Salah satu yang paling fenomenal, adalah konversi minyak tanah ke gas. "Ini dipuji sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Hanya dalam tiga tahun 60 juta rumah bisa mengubah dari ketergantungan energi yang mahal jadi lebih murah," katanya.

Emil mengatakan, hal ini menjadi hikmah bagi dirinya sebagai pemimpin muda untuk mengikuti jejak JK. "Saya ingin mengikuti jejak beliau yang mengedepankan kesejahteraan bangsa dengan ilmu sains dalam keputusan yang lebih baik," katanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement