Senin, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 Januari 2020

Senin, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 Januari 2020

Ada Tanaman di Meja Kerja, Pekerja Kantoran Lebih Relaks

Kamis 09 Jan 2020 15:30 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Menempatkan tanaman kecil di dekat meja kerja dapat membantu mengurangi stres (Ilustrasi meja kerja kantor dengan pot tanaman)

Menempatkan tanaman kecil di dekat meja kerja dapat membantu mengurangi stres (Ilustrasi meja kerja kantor dengan pot tanaman)

Foto: Piqsels
Meletakkan tanaman di meja kerja bisa membantu mengurangi stres.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah studi menyebutkan bahwa menyimpan tanaman kecil di atas meja kerja bisa membantu mengurangi stres ketika bekerja. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal HortTechnology itu mengeksplorasi penggunaan tanaman untuk meningkatkan kesehatan mental di antara karyawan yang bekerja di dalam ruangan.

"Saat ini, tidak begitu banyak orang yang sepenuhnya memahami dan memanfaatkan pemulihan stres dengan tanaman di tempat kerja," kata peneliti studi Masahiro Toyoda dari University of Hyogo Jepang dilansir Times Now News.
 
"Untuk memperbaiki situasi itu, kami memutuskan untuk memverifikasi dan memberikan bukti ilmiah terkait efek pemulihan stres dengan menghadirkan tanaman di kantor," kata Toyoda.

Untuk sampai pada temuan tersebut, tim peneliti menyelidiki perubahan stres psikologis dan fisiologis sebelum dan setelah menempatkan tanaman di meja pekerja. Peneliti melibatkan 63 pekerja kantoran di Jepang.

Para peserta diarahkan untuk beristirahat tiga menit sambil duduk di meja mereka ketika mereka merasa lelah. Ada dua fase penelitian, yaitu periode kontrol tanpa tanaman dan periode intervensi ketika para peserta dapat melihat dan merawat tanaman kecil.

Para peneliti mengukur tekanan psikologis pada peserta menggunakan Inventarisasi Kecemasan State-Trait. Terbukti setelah peserta istirahat tiga menit dan "berinteraksi" dengan tanaman, mereka lebih relaks dan denyut nadinya menurun secara signifikan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memverifikasi efek mengurangi stres dari melihat dan merawat tanaman, ketika seorang pekerja merasa kelelahan selama jam kerja. Hasilnya terbukti bahwa menempatkan tanaman kecil dalam jarak dekat berkontribusi pada pengurangan stres psikologis pekerja.

Adapun tanaman yang bisa disimpan di atas meja boleh saja yang cukup dengan tempat yang tersedia. Boleh tanaman bonsai, san pedro cactus, tanaman dedaunan, kokedama, atau echeveria.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA