Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Pekan Pertama 2020 akan Dihiasi Hujan Meteor

Kamis 26 Dec 2019 03:35 WIB

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Dwi Murdaningsih

Hujan meteor quadrantids pada 2018.

Hujan meteor quadrantids pada 2018.

Foto: ad astra la parma
Hujan meteor Quadrantids akan terjadi pada 4 Januari 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pekan pertama tahun baru, kita bisa menyaksikan i salah satu hujan meteor paling menjanjikan untuk 2020, yakni The Quadrantids. Hujan meteor tersebut akan mencapai titik puncak pada malam ketiga atau keempat bulan Januari 2020.

Dilansir dari laman Skymania, Rabu (25/12), hujan meteor tersebut akan dapat terlihat dengan bagus meskipin fase bulan akan melalui kuartal pertama. Hujan meteor akan terjadi selama kurang dari satu jam setelah tengah malam.

Hujan meteor itu akan mengarah dari langit paling Utara. Aktivitas maksimum dari The Quadrantids diprediksi terjadi pada 4 Januari dini hari. Hujan meteor tersebut diperkirakan akan terjadi dengan intensitas tinggi, mencapai 120 'bintang jatuh' bisa disaksikan setiap jam.

Namun, angka tersebut merupakan jumlah hujan meteor per jam yang mungkin dilihat oleh pengamat dalam kondisi optimal, yakni dengan langit gelap yang sangat jernih. Karena itu, disebutkan untuk jangan berharap untuk melihat begitu banyak hujan meteor, meskipun itu masih bisa menjadi pertunjukan yang menarik.

Puncak dari hujan meteor itu tak berlangsung lama, hanya berlangsung beberapa jam. Hujan meteor itu sebenarnya terjadi pada 27 Desember 2019 sampai 10 Januari 2020. Wilayah Inggris dan Eropa akan menjadi tempat terbaik untuk melihat puncak hujan meteor tersebut.

Karena pancaran sinarnya sangat jauh ke Utara, maka hujan meteor tersebut akan lebih terlihat pada belahan bumi bagian Utara. Di belahan bumi bagian Utara itu saat ini masih berlangsung musim dingin. Itu membuat malam hari akan bisa sangat dingin. Itu yang menyebabkan The Quadrantids tidak lebih dikenal dan lebih banyak diamati.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA