Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Mesir Publikasikan Patung Firaun Kuno

Kamis 12 Dec 2019 15:05 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Dwi Murdaningsih

Kementerian Barang Antik Mesir mempublikasikan penemuan patung firaun kuno yang langka.

Kementerian Barang Antik Mesir mempublikasikan penemuan patung firaun kuno yang langka.

Foto: tangkapan layar AFP via daily mail
Patung terdapat simbol 'Ka' yang membuat patung ini menjadi langka.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Kementerian Barang Antik Mesir mempublikasikan penemuan patung firaun kuno yang langka. Patung terebut adalah firaun Ramses II yang telah ditemukan di dekat Giza, selatan Kairo di Mesir.

Baca Juga

Seperti diwartakan Dailymail, Kamis (12/12) patung itu adalah pahatan granit mawar Ramses II pertama yang ditemukan. Patung tersebut juga terdapat simbol 'Ka' yang menurut kementerian setempat membuat patung tersebut langka.
 
Kementerian Mesir menjelaskan bahwa 'Ka' dalam Mesir kuno menggambarkan roh manusia atau dewa yang bisa tinggal di patung orang. Simbol tersebut juga dapat diartikan sebagai dewa setelah kematian.
 
Sementara, penggalian patung tersebut dilakukan oleh kementerian barang antik mesir bersama timnya pada pekan lalu. Ekskavasi dilakukan disebuah tanah pribadi di Mit Rahina dekat lokasi kota kuno Memphis atau sekitar 30 kilometer selatan Kairo.
 
Patung Ramses II merupakan salah satu Firaun paling terkenal dari dinasti ke-19 atau 1301-1236 sebelum masehi. Patung tersebut berukuran tinggi 105 sentimeter dan lebar 55 sentimeter.
 
Seperti diketahui, pemerintah Mesir terus berusaha untuk mempromosikan penemuan arkeologis di seluruh negeri dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut dilakukan guna menghidupkan kembali pariwisata yang sempat mendapat pukulan dari gejolak pemberontakan pada 2011.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA