Kamis, 3 Rajab 1441 / 27 Februari 2020

Kamis, 3 Rajab 1441 / 27 Februari 2020

Menggali Jalur Kereta Pertama di Skotlandia

Rabu 11 Des 2019 21:33 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Dwi Murdaningsih

Peneliti menemukan bagian dari jalur berbatu untuk kuda-kuda yang menarik kereta pertama di Skotlandia.

Peneliti menemukan bagian dari jalur berbatu untuk kuda-kuda yang menarik kereta pertama di Skotlandia.

Foto: 1722 Waggonway Heritage Group via bbc
Jalur kereta pertama di Skotlandia ditemukan pada Juni tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil dari penggalian arkeologis telah menemukan jalur kereta pertama di Skotlandia. Jalur itu ditemukan pada Juni tahun ini oleh para peneliti 'dari 1722 Waggonway Heritage Group. Rel kayu dari Tranent-Cockenzie Waggonway itu telah berusia 297 tahun.

Peneliti menemukan bagian dari jalur berbatu untuk kuda-kuda yang menarik kereta sampai ke lubang batu bara di Tranent di Lothian Timur. Dilansir laman BBC, Rabu (11/12), proyek ini berharap selanjutnya dapat menemukan beberapa kayu yang digunakan untuk meletakkan kereta api.

Jalan kereta yang ditemukan ini meliputi rel kayu, gerobak dan roda serta kereta api besi yang dibuat 1815. Penggalian bulan Juni ini akan ditindaklanjuti dengan penggalian yang lebih luas pada tahun 2020.

Proyek jalur kereta yang dikelola masyarakat itu dipandu oleh seorang arkeolog profesional. Seorang juru bicara mengatakan peneliti berharap bisa menggali lintasan yang lebih panjang, dan bekerja sama dengan Badan Arkeologi Dewan Lothian Timur untuk musim semi 2020.

"Mengingat tingkat pelestarian pada bagian kecil yang kami temukan pada bulan Juni, kami yakin bahwa lintasan kuda berbatu tengah bertahan dalam kondisi baik, dan kami tetap berharap bahwa beberapa kayu rel akan cukup utuh untuk dilepas, meskipun ini tergantung pada kondisi tanah," kata juru bicara tersebut.

Dia menambahkan investigasi arkeologis ke jalur kereta awal relatif jarang, dan informasi yang dapat diberikan situs ini sangat berharga. Ada potensi untuk membangun hubungan dalam teknologi yang digunakan untuk kereta api di seluruh negara di abad ke-18.

Temuan-temuan oleh 1722 Waggonway Heritage Group telah terdaftar di antara lima penemuan arkeologi teratas Skotlandia tahun 2019. Disusun oleh pusat arkeologi Skotlandia, Dig It !, penemuan lainnya, termasuk kerangka Pictish yang ditemukan di Black Isle di Dataran Tinggi atau disebut juga ruang minum Viking di Orkney.

Dua penemuan teratas lainnya di Dig It! adalah salah satu dari set batu nisan yang hilang dari Abad Pertengahan di Gereja Paroki Tua Glasgow. Selain itu, batu Pictish yang sebelumnya tidak tercatat di dekat Dingwall.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA