Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Telur Busuk Ini Terkubur 1.700 Tahun

Selasa 10 Dec 2019 16:29 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Ilmuwan menemukan telur yang terkubur selama 1.700 tahun.

Ilmuwan menemukan telur yang terkubur selama 1.700 tahun.

Foto: oxford
Satu telur yang diambil utuh dipajang di Museum Daerah Buckinghamshire.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Temuan telur busuk menghebohkan ilmuwan di Buckinghamshire, Inggris. Sebab, telur ini konon sudah tertimbun selama 1.700 tahun.

Para peneliti melakukan penggalian di situs di Berryfields antara 2007 dan 2016. Dari penggalian itu, mereka menemukan hal-hal yang tidak disangka. Penemuan paling menarik ada di lubang yang digali di sisi jalan Romawi.

Selain benda-benda seperti sepatu kulit dan keranjang kayu, tim juga menemukan empat telur ayam. Sayangnya, tiga telur itu pecah saat diambil dari lubang, mengeluarkan bau yang telah bertumpuk selama 1.700 tahun.

"Di sebuah lubang yang telah tergenang air selama ribuan tahun Anda mendapatkan hal-hal yang tidak akan pernah bertahan di lingkungan yang kering," kata Manajer proyek penggalian, Stuart Foreman dilansir di IFL Science, Senin (10/12).

Baca Juga

Menurut Arkeologi Oxford, yang melakukan penggalian, lubang itu awalnya digunakan untuk menumbuk gandum dan membuat bir. Namun, pada akhir abad ketiga lubang itu menjadi semacam sumur harapan'. Sumur harapan ini menjadi tempat bagi penduduk setempat untuk memberikan persembahan kepada para dewa.

Sekarang ini, mungkin tidak masuk akal ada orang yang melemparkan telur ke dalam 'sumur harapan'. Namun, di zaman Romawi telur dipenuhi dengan segala macam makna simbolis yang dikaitkan dengan para dewa Mithras dan Merkurius yang diartikan sebagai kelahiran kembali dan kesuburan.

Ada kemungkinan bahwa keempat telur yang ditemukan di Berryfields dimaksudkan sebagai semacam hadiah untuk para dewa. Untungnya, salah satu telur diambil dalam keadaan utuh dan akan segera dipajang di Museum Daerah Buckinghamshire.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA