Senin, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 Januari 2020

Senin, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 Januari 2020

Pengguna di Bawah Usia 13 Tahun Dilarang Main Instagram

Kamis 05 Des 2019 15:21 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Pengguna Instagram harus berusia minimal 13 tahun untuk memiliki akun di sebagian besar negara (Ilustrasi)

Pengguna Instagram harus berusia minimal 13 tahun untuk memiliki akun di sebagian besar negara (Ilustrasi)

Foto: Dailymail
Berdasarkan ketentuan, pengguna Instagram kini harus berusia di atas 13 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Media sosial Instagram mengumumkan beberapa pembaruan sebagai upaya melindungi pengguna muda. Mulai Kamis (5/12), Instagram akan menanyakan tanggal lahir pengguna baru ketika mereka membuat akun.

Berdasarkan "Ketentuan Penggunaan", pengguna harus berusia minimal 13 tahun untuk memiliki akun di sebagian besar negara. Dengan menanyakan informasi ini, Instagram dapat mencegah remaja yang belum cukup umur untuk bergabung.

Hal itu memungkinkan Instagram menghadirkan pengalaman yang lebih sesuai dengan usia pengguna. Tanggal ulang tahun pengguna tidak akan dapat dilihat oleh orang lain di Instagram, tetapi pengguna dapat melihatnya di bagian informasi pribadi akun mereka.

Jika pengguna menghubungkan akun Facebook ke Instagram, tanggal lahir yang terdapat di profil Facebook ditambahkan secara otomatis. Informasi itu tidak bersifat umum dan hanya pengguna yang dapat melihatnya di bagian informasi pribadi Instagram.

Jika pengguna mengedit tanggal lahir di Facebook, tanggal lahir di Instagram juga akan berubah. Jika pengguna tidak memiliki akun Facebook atau tidak menghubungkan akun Facebook, tanggal lahir bisa ditambahkan atau disunting langsung di Instagram.

Dalam beberapa bulan mendatang, Instagram akan menggunakan informasi tanggal ulang tahun pengguna untuk menciptakan pengalaman yang lebih personal. Misalnya, melakukan edukasi seputar kendali akun dan rekomendasi pengaturan privasi bagi anak remaja.

Instagram juga melakukan berbagai langkah untuk membantu pengguna mengontrol siapa saja yang dapat mengirimi mereka pesan langsung. Pengguna dapat mengatur siapa yang dapat mengirim pesan atau memasukkan mereka ke dalam percakapan grup.

Pengguna yang mengaktifkan pengaturan itu tidak akan lagi menerima pesan, permintaan pesan grup, atau balasan Stories dari orang-orang yang tidak mereka ikuti. Informasi lebih lanjut mengenai pembaruan dapat diakses melalui Pusat Bantuan Instagram.

"Semua pembaruan tersebut merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan Instagram dalam memastikan layanan tetap menjadi tempat yang aman dan mendukung komunitas Instagram, khususnya bagi para pengguna muda," kata Instagram pada pernyataan resminya.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA