Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Dua Asteroid Dekati Bumi Bulan Depan, akan Ada Tabrakan?

Jumat 29 Nov 2019 10:28 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Dua Asteroid Dekati Bumi Bulan Depan, Bakal Ada Tabrakan Berujung Hujan Meteor?. (FOTO: ESA/Hubble, M. Kornmesser)

Dua Asteroid Dekati Bumi Bulan Depan, Bakal Ada Tabrakan Berujung Hujan Meteor?. (FOTO: ESA/Hubble, M. Kornmesser)

Peneliti menyatakan dua asteroid tersebut tak akan membahayakan Bumi

Warta Ekonomi.co.id, Surakarta -- Dua asteroid berukuran sedang akan berpotongan dengan jalur Bumi pada Desember, menurut pernyataan NASA. Lalu, apakah dampaknya terhadap planet kita?

Para ilmuwan meyakinkan, dua asteroid tersebut tak akan membahayakan Bumi dengan menabrak atau bersinggungan selama ia mendekat ke planet dengan miliaran penduduk tersebut.

"Asteroid pertama yang akan mendekati Bumi diidentifikasi oleh Pusat Studi Objek Dekat Bumi (CNEOS) sebagai 2019 WH2," kata NASA, dikutip dari Sputnik News, Jumat (29/11/2019).

Baca Juga: Gawat! Es Samudra Arktik Bakal Cair Seluruhnya pada . . . Bumi Tenggelam?!

Basis data CNEOS memperkirakan, asteroid itu memiliki diameter sekitar 79 kaki. Saat ini, ia melakukan perjalanan ruang angkasa dengan kecepatan rata-rata 23 ribu mil per jam.

Sementara, asteroid kedua disebut 2019 WN1. "Lebarnya 98 kaki, kecepatannya saat ini diperkirakan sekitar 22 ribu mil per jam," kata CNEOS.

Keduanya diklasifikasikan sebagai asteroid Apollo, dibedakan karena memiliki orbit yang sangat lebar, mengelilingi Bumi dan Matahari.

CNEOS menambahkan, "2019 WH2 akan mendekati Bumi pada 1 Desember (pagi waktu EST) sekitar 811 ribu mil jauhnya. Sementara yang kedua akan mendekat sekitar 1 juta mil dari pusat planet pada hari yang sama,"

Orbit keduanya dikatakan berpotensi bertabrakan dengan planet ini, berujung pada pembakaran di atmosfer, lalu meledak di langit; bukan jatuh ke tanah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA